PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK | KURSUS KOMPUTER DI CIREBON I-TECH COURSE

PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK | KURSUS KOMPUTER DI  CIREBON  I-TECH COURSE



Rostika February 01, 2019  manfaat facebook, pendiri facebook, pengertian facebook menurut para ahli, pengertian facebook menurut para ahli pdf, pengertian facebook secara umum, PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK, pengertian twitter
PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK



Lampung 
ITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111Telp. (0725) 44430HP. 0853 57000 144WA. 0821 77066 400


Jawa Barat
1. Nurul fikri & Indonesian technology,No., Jl. Setu Indah No.116, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 164512. Kampus Indonesian technology & Citra telematikaJl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, JatiwangiKab. MajalengkaTelp. (0233) 8281236HP. 085216667297email : info@citra-telematika.com


Jawa Tengah 
Kampus Elmuna & indoneisan technology  JL Soka-Pertanahan, Km 6 No. 10, Klirong, Plumbon, Klegenwonosari, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54381 Cs telp dan WA 087737953747 /087837973541Telepon: (0287) 5505077

Kursus Komputer Di Kebumen I-TECH COURSE- Facebook ialah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang dikenalkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook mempunyai lebih dari satu miliar pemakai aktif,[8] lebih dari separuhnya memakai telepon genggam.[9] Pengguna mesti meregistrasi sebelum dapat memakai situs ini. Setelah itu, pemakai dapat menciptakan profil pribadi, menambahkan pemakai beda sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pengumuman otomatis saat mereka memodernisasi profilnya. Di samping itu, pemakai bisa bergabung dengan grup pemakai dengan ketertarikan yang sama, diurutkan menurut lokasi kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam susunan seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bareng teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.[10] Keanggotaan website web ini tadinya terbatas guna mahasiswa Harvard saja, lantas diperluas ke perguruan beda di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri untuk mahasiswa di universitas beda sebelum dimulai untuk murid sekolah menengah atas, dan kesudahannya untuk masing-masing orang yang berusia paling tidak 13 tahun. Meski begitu, menurut keterangan dari survei Consumer Reports bulan Mei 2011, terdapat 7,5 juta anak di bawah umur 13 tahun yang mempunyai akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sampai-sampai melanggar persyaratan layanan website ini.[11]

Studi Compete.com bulan Januari 2009 menanam Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling tidak sedikit digunakan menurut keterangan dari jumlah pemakai aktif bulanan di semua dunia.[12] Entertainment Weekly menempatkannya di susunan "terbaik" akhir dekade dengan komentar, "Bagaimana metodenya kita menguntit mantan kekasih kita, menilik ulang tahun teman kerja kita, mengganggu rekan kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?"[13] Quantcast memperkirakan Facebook mempunyai 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011.[14] Berdasarkan keterangan dari Social Media Today pada April 2010, selama 41,6% warga Amerika Serikat mempunyai akun Facebook.[15] Meski begitu, perkembangan pasar Facebook mulai turun di sebanyak wilayah dengan hilangnya 7 juta pemakai aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.[16]

Nama layanan ini berasal dari nama kitab yang diserahkan kepada mahasiswa pada tahun akademik kesatu oleh sejumlah pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan menolong mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan masing-masing orang berusia paling tidak 13 tahun menjadi pemakai tercatat di website ini.[17]


Kumpulan isi
1 Sejarah
2 Perusahaan
3 Situs web
4 Penerimaan
5 Kritik
6 Dampak politik
7 Di media
8 Lihat pula
9 Catatan
10 Referensi
11 Pranala luar
Sejarah
!Artikel utama guna bagian ini merupakan: Sejarah Facebook dan Garis masa-masa Facebook
Mark Zuckerberg membuat Facemash, pendahulu Facebook, pada tanggal 28 Oktober 2003 saat berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Berdasarkan keterangan dari The Harvard Crimson, website ini serupa dengan Hot or Not, dan memakai "foto yang didapatkan dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menanam dua foto bersebelahan pada satu masa-masa dan meminta pemakai memilih yang mana yang sangat seksi".[18][19]


Mark Zuckerberg menolong menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard.
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke unsur jaringan komputer Harvard yang dibentengi dan mencatat gambar-gambar ID individu asrama. Harvard pada waktu tersebut tidak mempunyai "buku wajah" (direktori berisi potret dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash unik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan potret pada empat jam kesatu mengudara.[18][20]

Situs ini langsung diteruskan ke sejumlah server grup kampus,tetapi dimatikan sejumlah hari lantas oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum sebab menembus ketenteraman kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan dalam bahaya dikeluarkan. Namun, hukuman itu dibatalkan.[21] Zuckerberg memperluas proyek tadinya ini pada semester itu dengan menciptakan peralatan studi sosial guna menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke website webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar.[20] Ia membuka website tersebut untuk teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai mencatat kode untuk website web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson mengenai insiden Facemash.[22] Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg mengenalkan "The Facebook" yang tadinya berada di website web TheFacebook.com.[23]

Enam hari sesudah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, mendakwa Zuckerberg sengaja memindahkan mereka supaya mereka percaya ia menolong mereka menciptakan jejaring sosial mempunyai nama HarvardConnection.com, sedangkan ia menggunakan gagasan mereka untuk menciptakan sebuah produk saingan.[24] Ketiganya mengeluh untuk Harvard Crimson, dan surat kabar ini mengawali sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengemukakan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang kesudahannya diselesaikan.[25]

Keanggotaan tadinya dibatasi untuk mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan kesatu, lebih dari separuh mahasiswa sarjana di Harvard tercatat di website ini.[26] Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk menolong mempromosikan website web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale.[27] Situs ini kemudian dimulai ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan sejumlah universitas di Kanada dan Amerika Serikat.[28][29]

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang tidak jarang memberi saran untuk Zuckerberg, diusung sebagai presiden perusahaan.[30] Bulan Juni 2004, Facebook mengalihkan pusat operasinya ke Palo Alto, California.[27] Perusahaan ini menerima investasi kesatunya pada bulan tersebut dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.[31] Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah melakukan pembelian nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.[32]

Pengguna aktif[N 1]
Tanggal Pengguna
(juta) Jeda hari Pertumbuhan bulanan[N 2]
26 Agustus 2008 100[33] 1.665 178.38%
8 April 2009 200[34] 225 13.33%
15 September 2009 300[35] 160 9.38%
5 Februari 2010 400[36] 143 6.99%
21 Juli 2010 500[37] 166 4.52%
5 Januari 2011 600[38][N 3] 168 3.57%
30 Mei 2011 700[39] 145 3.45%
22 September 2011 800[40] 115 3.73%
24 April 2012 900[41] 215 1.74%
Facebook mengenalkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dirasakan Zuckerberg sebagai etape logis selanjutnya.[42] Pada masa-masa itu, jaringan sekolah menengah memerlukan undangan guna bergabung.[43] Facebook lantas memperluas persyaratan keanggotaannya untuk karyawan dari sebanyak perusahaan, tergolong Apple Inc. dan Microsoft.[44] Facebook kemudian dimulai tanggal 26 September 2006 untuk setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.[45][46]

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft memberitahukan bahwa mereka telah melakukan pembelian 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga menyerahkan Facebook nilai sebesar $15 miliar.[47] Pembelian oleh Microsoft ini mencakup hak mereka untuk menanam iklan internasional di Facebook.[48] Bulan Oktober 2008, Facebook memberitahukan bahwa mereka bakal membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.[49] Bulan September 2009, Facebook menuliskan bahwa mereka merasakan arus kas positif guna kesatu kalinya.[50] Bulan November 2010, menurut keterangan dari SecondMarket Inc., suatu bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook menjangkau $41 miliar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS sesudah Google dan Amazon.[51] Facebook telah dibidik sebagai kandidat berpotensi guna penawaran umum perdana pada 2013.[52]

Lalu lintas ke Facebook bertambah stabil sesudah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengungguli Google pada 13 Maret 2010.[53]

Pada bulan Maret 2011, diadukan bahwa Facebook menghapus selama 20.000 profil dari website ini masing-masing hari atas sekian banyak  macam alasan, tergolong spam, konten tidak layak dan pemakai di bawah umur, sebagai unsur dari upayanya mendorong ketenteraman siber.[54]

Pada mula 2011, Facebook memberitahukan rencananya guna pindah ke kantor barunya, bekas kampus Sun Microsystems di Menlo Park, California.[55][56]

Statistik DoubleClick menunjukkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya website web yang paling tidak sedikit dikunjungi di dunia.[57] Namun butuh diketahui bahwa Google dan sebanyak situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Berdasarkan keterangan dari studi Nielsen Media Research yang diluncurkan bulan Desember 2011, Facebook ialah situs web yang paling tidak sedikit diakses kedua di Amerika Serikat.[58]

Pada bulan Maret 2012, Facebook mengenalkan App Center, suatu toko bergerak daring yang menjual software yang terhubung dengan Facebook. Toko ini terdapat untuk pemakai web bergerak iPhone, Android.[59] Pada bulan April, Facebook membeli software Instagram dengan nilai US$1 ($107 tahun 2019) miliar.[60]

Pada mula Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial.[61]

Facebook, Inc. menyelenggarakan penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham mula $38 per lembar, sampai-sampai nilai perusahaan menjangkau $104 miliar, nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah.[62] Setelah IPO, Zuckerberg akan mendapat  22% saham Facebook dan 57% hak suara.[63] IPO ini sukses menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat.[64][65] Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan walau saham berjuang tetap sedang di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor baru dalam urusan volume perniagaan IPO.[66] Beberapa hari sesudah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menginvestigasi pelaksanaan IPO, sesudah klaim bahwa estimasi pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan untuk seluruh pemegang saham.[67]

Perusahaan

Pintu masuk ke kantor pusat Facebook di Stanford Research Park, Palo Alto, California.
Sebagian besar penghasilan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft ialah rekan khusus Facebook guna melayani iklan spanduk,[68] dan Facebook melulu melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft. Berdasarkan keterangan dari comScore, suatu perusahaan penelitian pemasaran Internet, Facebook mendapat  data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, tetapi sedikit tidak cukup dari Yahoo!.[69] Tahun 2010, tim ketenteraman Facebook mulai memperluas upayanya untuk meminimalisir risiko privasi pemakai.[70] Pada 6 November 2007, Facebook mengenalkan Facebook Beacon yang lantas menjadi usaha gagal guna beriklan untuk teman pemakai menggunakan teknik "apa yang dibeli teman".

Facebook lazimnya mempunyai tingkat klik (CTR) yang lebih rendah guna iklan daripada situs-situs web besar lainnya. Bagi iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook bila dikomparasikan dengan Web secara keseluruhan.[71] Ini berarti bahwa persentase kecil pemakai Facebook mengklik iklan lebih tidak sedikit dibanding website web lain. Misalnya, pemakai Google mengklik iklan kesatu pada hasil penelusuran dengan rata-rata 8% dalam satu masa-masa (80.000 klik untuk masing-masing satu juta pencarian),[72] sedangkan pemakai Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu masa-masa (400 klik untuk masing-masing satu juta halaman).[73]

Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka mempunyai tingkat klik serendah 0,05% hingga 0,04%, dan tingkat klik guna iklan ingin menurun dalam dua minggu.[74] Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, bila dikomparasikan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook namun masih rendah dikomparasikan dengan website web lain. Penjelasan guna tingkat klik Facebook yang rendah ialah bahwa pemakai Facebook lebih cerdas secara teknologi dan memakai perangkat pemblokiran iklan guna menyembunyikan iklan, pemakainya lebih muda dan lebih pintar dalam melalaikan pesan iklan. Di MySpace, pemakai menguras lebih tidak sedikit waktu menjelajahi isinya, sedangkan di Facebook, pemakai menguras waktu mereka berkomunikasi dengan rekan dan perhatian mereka teralihkan dari iklan.[75]

Pendapatan
(diperkirakan, dalam juta US$)
Tahun Pendapatan Pertumbuhan
2006 $52[76] —
2007 $150[77] 188%
2008 $280[78] 87%
2009 $775[79] 177%
2010 $2.000[80] 158%
Di halaman brand  dan produk, sebanyak perusahaan mengadukan tingkat klik setinggi 6,49% guna kiriman Dinding.[81] Involver, suatu platform pemasaran sosial, memberitahukan pada Juli 2008 bahwa mereka berjuang memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) guna klien kesatunya, Serena Software, yang berjuang mengganti 1,1 juta tampilan menjadi 8,000 trafik ke website mereka.[82] Studi mengindikasikan bahwa guna iklan video di Facebook, nyaris 40% pemakai yang menyaksikan video tersebut menonton keseluruhannya, sedangkan rata-rata industri ialah 25% guna iklan video spanduk.[83]

Facebook mempunyai lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara.[84] Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg mempunyai 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%,[85] Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 - 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group tidak cukup dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti setiap memiliki tidak cukup dari 1%, tergolong Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D'Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sedangkan Reid Hoffman dan Mark Pincus mempunyai kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dipunyai oleh karyawan, sebanyak selebriti, dan investor asing.[86] Adam D'Angelo, kepala bidang teknologi dan rekan Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia bukan lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.[87]

Pada 15 November 2010, Facebook memberitahukan bahwa mereka telah mendapat  FB.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau memberitahukan "pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta, sampai-sampai pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.[88]

Situs web
!Artikel utama guna bagian ini merupakan: Fitur Facebook dan Facebook Platform

Logo Facebook dari tanggal 23 Agustus 2005 sampai 1 Juli 2015

Halaman utama Facebook menampilkan eksemplar isian log masuk di kanan atas guna pemakai terdaftar, dan eksemplar isian pendaftaran di bawahnya guna pengunjung baru.
Pengguna dapat menciptakan profil dilengkapi foto, susunan ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi individu lain. Pengguna bisa berkomunikasi dengan rekan dan pemakai lain melewati pesan individu atau umum dan fitur obrolan. Mereka pun dapat menciptakan dan bergabung dengan grup ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu dinamakan "halaman penggemar" sampai 19 April 2010), sejumlah di antaranya diurus oleh tidak sedikit organisasi dengan maksud beriklan.[89]

Untuk menangkal keluhan mengenai privasi, Facebook memperbolehkan pemakai menata privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat menyaksikan bagian-bagian tertentu dari profil mereka.[90] Situs web ini cuma-cuma untuk pemakai dan memungut keuntungan melewati iklan laksana iklan spanduk.[91] Facebook memerlukan nama pemakai dan potret profil (jika ada) supaya dapat diakses oleh masing-masing orang. Pengguna bisa mengontrol siapa saja yang dapat menyaksikan informasi yang mereka bagikan, pun menemukannya melewati pencarian dengan memanfaatkan penataan privasi.[92]


Profil Facebook tahun 2011.
Media tidak jarang memperbandingkan Facebook dengan MySpace, tetapi satu perbedaan utama salah satu kedua website tersebut ialah tingkat kustomisasinya.[93] Perbedaan lainnya ialah persyaratan Facebook supaya pemakai dapat menata identitas pribumi mereka, dan tahapan tersebut tidak diterapkan di MySpace.[94] MySpace memperbolehkan pemakai mendekorasi profil mereka memakai HTML dan Cascading Style Sheets (CSS), sedangkan Facebook melulu mengizinkan teks mentah.[95] Facebook mempunyai sejumlah fitur yang bisa berinteraksi dengan pemakai. Salah satunya ialah Dinding, kotak di masing-masing halaman profil pemakai yang memperbolehkan teman mereka mengantarkan pesan untuk pemakai tersebut;[96] Colek, yang memungkinkan pemakai mengantarkan "colekan" virtual satu sama beda (pemberitahuan memberitahu pemakai bahwa mereka sudah dicolek);[97] Foto, lokasi pemakai bisa mengunggah album dan foto;[98] dan Status, yang memungkinkan pemakai untuk mengumumkan teman mereka mengenai eksistensi dan perbuatan mereka ketika itu.[99] Tergantung penataan privasinya, masing-masing orang yang dapat menyaksikan sebuah profil pemakai dapat pun melihat Dinding pemakai. Bulan Juli 2007, Facebook mulai memperbolehkan pemakai mengantarkan lampiran di Dinding, bertolak belakang dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.[96]


Antarmuka pemakai grafis Facebook pada telepon genggam
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed dikenalkan yang ditempatkan di masing-masing halaman utama pemakai dan mengumumkan informasi seperti evolusi profil, acara berikutnya, dan ulang tahun rekan pemakai.[100] Hal ini memungkinkan pengirim spam dan pemakai beda memainipulasi fitur-fitur itu dengan menciptakan acara bohong atau ulang tahun bohong demi unik perhatian ke profil atau kampanye tersebut.[101] Awalnya, News Feed menimbulkan ketidakpuasan salah satu pemakai Facebook; sebanyak di antaranya mengeluh sebab terlalu berantakan dan sarat dengan informasi yang tidak perlu, sedangkan pemakai beda memandangnya mudah untuk pemakai guna melacak kegiatan seseorang (seperti evolusi status hubungan, acara, dan pembicaraan dengan pemakai lain).[102]

Sebagai respon, Zuckerberg mengantarkan permintaan maafnya atas kegagalan website ini guna memasukkan fitur privasi yang dapat ditata sendiri. Sejak itu, pemakai mulai mendapat kontrol terhadap jenis-jenis informasi apa saja yang dapat diberikan secara otomatis untuk teman. Sekarang pemakai dapat mencegah sekelompok teman menyaksikan pembaruan aktivitas-aktivitasnya seperti evolusi profil, kiriman Dinding, dan rekan yang baru ditambahkan.[103]

Tanggal 23 Februari 2010, Facebook diserahkan paten[104] terhadap serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini merangkum News Feed saat pranala diantarkan sehingga satu pemakai bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang sama laksana pemakai lain.[105] Paten ini mendorong Facebook untuk memungut tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, laksana Twitter.[106]

Salah satu software paling populer di Facebook ialah Foto, lokasi pemakai bisa mengunggah album dan foto.[107] Facebook memperbolehkan pemakai guna mengunggah potret dalam jumlah tak terbatas, dikomparasikan layanan penyimpanan gambar laksana Photobucket dan Flickr yang memberi batas jumlah potret yang bisa diunggah seseorang. Pada tahun-tahun kesatunya, pemakai Facebook diberi batas untuk mengunggak 60 potret per album. Pada Mei 2009, batas ini ditingkatkan menjadi 200 potret per album.[108][109][110][111]

Pengaturan privasi dapat ditata untuk album pribadi yang membatasi kumpulan pemakai yang bisa melihatnya. Misalnya, privasi sebuah album ditata sedemikian rupa sehingga melulu teman pemakai yang dapat melihatnya, sedangkan privasi album lain ditata sehingga seluruh pemakai Facebook dapat melihatnya. Fitur beda dari software Foto ialah kemampuannya guna "tag", atau menandai pemakai di suatu foto. Misalnya, andai sebauh potret mengandung seorang rekan pemakai, maka pemakai bisa menandai temannya di potret tersebut. Tindakan tersebut mengantarkan pemberitahuan untuk teman yang ditandai dan menyerahkan mereka tautan guna melihat potret tersebut.[112]


Profil The Facebook tahun 2005

Profil Facebook tahun 2007
Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, suatu fitur blog yang memperbolehkan tag dan penanaman gambar. Pengguna bisa mengimpor blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain.[45] Sepanjang minggu 7 April 2008, Facebook merilis software pesan instan berbasis Comet[113] mempunyai nama "Chat" ke sebanyak profil,[114] yang memperbolehkan pemakai berkomunikasi dengan rekan dan kegunaannya sama seperti pendahuluan pesan instan berbasis desktop.

Facebook mengenalkan Gifts pada 8 Februari 2007 yang memungkinkan pemakai mengantarkan hadiah virtual untuk temannya yang hadir di profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00 dan pesan individu dapat disertakan pada masing-masing hadiah.[115][116] Tanggal 14 Mei 2007, Facebook mengenalkan Marketplace, yang memungkinkan pemakai mengantarkan iklan pendek gratis.[117] Marketplace sudah dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET, yang mengindikasikan bahwa perbedaan utama antara keduanya ialah daftar yang diantarkan pemakai di Marketplace hanya dapat dilihat oleh pemakai yang sedang di jaringan yang sama laksana pemakai tersebut, sementara susunan yang diantarkan di Craigslist dapat disaksikan oleh seluruh orang.[118]

Tanggal 20 Juli 2008, Facebook mengenalkan "Facebook Beta", yakni desain ulang antarmuka pemakainya pada sejumlah jaringan. Mini-Feed dan Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka berjuang untuk membuatnya tampak lebih "sederhana".[119] Setelah tadinya memberi pemakai pilihan guna pindah, Facebook mulai mengalihkan semua pemakai ke versi halaman baru pada September 2008.[120] Tanggal 11 Desember 2008, diberitahukan bahwa Facebook sedang menguji proses pencatatan yang lebih mudah.[121]

Tanggal 13 Juni 2009, Facebook mengenalkan fitur "Usernames", yakni halaman-halaman bisa ditautkan memakai URL yang lebih simpel laksana http://www.facebook.com/facebook dikomparasikan dengan http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728.[122] Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook melewati peramban web atau software mereka. Aplikasi Facebook yang resmi dikenalkan untuk iPhone OS, Android OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan software Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pemakai aktif mengakses Facebook melewati telepon genggam yang tercatat pada 200 operator di 60 negara.

Tanggal 15 November 2010, Facebook memberitahukan layanan "Facebook Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan, "memang benar bahwa seseorang dapat mendapat  alamat surel @facebook.com, namun tersebut bukan surel." Peluncuran fitur tersebut sudah diantisipasi sedangkan waktu sebelum pemberitahuan ini, dengan sebanyak pengamat menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan dikenalkan kepada seluruh pemakai website tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel, dan pesan reguler, dan akan mencakup pengaturan privasi sama laksana layanan Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook Messages memakan 15 bulan dalam pengembangannya.[123][124]

Penerimaan
Berdasarkan keterangan dari comScore, Facebook ialah situs jaringan sosial terdepan menurut jumlah pengunjung bulanan dan mengungguli pesaing utamanya, MySpace pada April 2008.[125] ComScore mengadukan bahwa Facebook unik 130 juta pengunjung pada Mei 2010, sebuah penambahan sebesar 8,6 juta orang.[126] Berdasarkan keterangan dari Alexa, peringkat Facebook salah satu seluruh website web menurut keterangan dari lalu lintas dunia naik dari 60 ke 7 mulai September 2006 sampai September 2007, dan ketika ini peringkat ke-2 tertinggi di dunia.[127] Quantcast[128] dan Compete.com[129] menanam Facebook pada peringkat ke-2 menurut keterangan dari lalu lintas di AS. Situs web ini ialah yang sangat populer guna mengunggah foto, dengan total 50 miliar unggahan foto.[130] Tahun 2010, Sophos "Security Threat Report 2010" mengerjakan pemungutan suara dari 500 firma, 60% di antaranya menuliskan bahwa mereka percaya Facebook ialah jaringan sosial yang mempunyai ancaman ketenteraman terbesar dikomparasikan MySpace, Twitter, dan LinkedIn.[70]

Facebook ialah salah satu website jaringan sosial sangat populer di sebanyak negara penutur bahasa Inggris, tergolong Kanada,[131] Britania Raya,[132] dan Amerika Serikat.[133][134][135][136] Pada pasar Internet regional, penetrasi Facebook tertinggi terdapat di Amerika Utara (69%), dibuntuti Timur Tengah-Afrika (67%), Amerika Latin (58%), Eropa (57%), dan Asia-Pasifik (17%).[137]

Situs ini sudah memenangkan sekian banyak  penghargaan laksana "Top 100 Classic Websites" oleh PC Magazine tahun 2007,[138] dan "People's Voice Award" dari Webby Awards tahun 2008.[139] Dalam studi tahun 2006 yang dilaksanakan Student Monitor, suatu perusahaan penelitian pasar mahasiswa perguruna tinggi yang berbasis di New Jersey, Facebook dinamakan sebagai urusan yang sangat populer kedua salah satu para sarjana, sejajar dengan bir dan tidak cukup populer dikomparasikan iPod yang menduduki peringkat kesatu.[140]

Bulan Maret 2010, Hakim Richard Seeborg menerbitkan perintah mengamini penyelesaian kumpulan dalam permasalahan Lane v. Facebook, Inc., tuntutan hukum kumpulan yang muncul sebab program Facebook Beacon.

Tahun 2010, Facebook memenangkan "Best Overall Startup or Product" dari Crunchie guna ketiga kalinya secara berturut-turut[141] dan dinyatakan sebagai di antara "Perusahaan Silicon Valley Terbaik" oleh Lead411.[142] Tetapi, menurut keterangan dari survei bulan Juli 2010 oleh American Customer Satisfaction Index, Facebook menemukan skor 64 dari 100 dan menempatkannya di bawah dari semua perusahaan swasta menurut keterangan dari kepuasan pelanggan, bareng industri-industri laksana sistem berkas elektronik IRS, maskapai penerbangan dan perusahaan kabel. Alasan Facebook mendapat skor rendah yakni masalah privasi, tidak jarang berubahnya antarmuka situs, hasil yang diserahkan News Feed, dan spam.[143]

Bulan Desember 2008, Mahkamah Agung Teritori Ibu Kota Australia menerbitkan aturan bahwa Facebook adalahprotokol yang sah guna melayani pengumuman pengadilan untuk terdakwa. Ini adalahpengadilan hukum kesatu di dunia yang memutuskan bahwa panggilan pengadilan yang diantarkan melalui Facebook ialah ikatan hukum.[144] Bulan Maret 2008, hakim penolong Pengadilan Tinggi Selandia Bru, David Glendall memperbolehkan pelayanan berkas hukum Craig Axe oleh perusahaan Axe Market Garden dilaksanakan melalui Facebook.[145] Perusahaan (seperti Virgin Atlantic Airways) pun menggunakan Facebook dengan maksud supaya tetap terhubung dengan karyawan mereka dan pernah memecat karyawan sebab kiriman mereka.[146]

Pada 2005, pemakaian Facebook sudah paling meluas sampai-sampai kata kerja facebooking mulai dipakai untuk menyatakan proses penelusuran profil seseorang atau memodernisasi profil diri sendiri.[147] Bulan 2008, Collins English Dictionary memberitahukan "Facebook" sebagai Kata Tahun Ini.[148] Bulan Desember 2008, New Oxford American Dictionary memberitahukan kata tahun ini ialah kata kerja "unfriend" yang didefinisikan sebagai "Menghapus seseorang sebagai 'teman' di suatu situs jaringan sosial laksana Facebook. Misalnya, 'I decided to unfriend my roommate on Facebook after we had a fight.'"[149]

Pada April 2010, menurut keterangan dari The New York Times, negara yang mempunyai pemakai Facebook terbanyak ialah Amerika Serikat, Britania Raya dan Indonesia.[150] Indonesia sudah menjadi negara dengan jumlah pemakai Facebook terbanyak kedua di dunia sesudah Amerika Serikat dengan 24 juta pemakai atau 10% dari total warga Indonesia.[151] Pada mula 2010, Openbook didirikan, suatu situs web parodi (dan advokasi pribadi)[152] yang memungkinkan penelusuran berbasis teks terhadap kiriman-kiriman Dinding yang tersedia untuk "Semua orang" di Internet.

Penulis The Wall Street Journal mengejar pada 2010 bahwa software Facebook mengantarkan informasi identifikasi untuk "lusinan perusahaan periklanan dan pelacakan Internet". Aplikasi tersebut memakai referer HTTP yang mengemukakan identitas pemakai dan teman-temannya. Facebook mengatakan, "Kami telah mengerjakan tindakan guna mematikan semua software yang melanggar ketentuan kami".[153]

Kritik
Facebook sudah menghadapi sekian banyak  kontroversi. Situs ini telah ditutup di sejumlah negara tergolong Republik Rakyat Tiongkok,[154] Vietnam,[155] Iran,[156] Uzbekistan,[157] Pakistan[158] Suriah,[159] dan Bangladesh atas dalil yang berbeda-beda. Misalnya sebab anti-Islam dan konten diskriminasi agama yang diperbolehkan oleh Facebook, website ini dilarang di tidak sedikit negara di dunia. Di samping itu, Facebook pun dilarang di sejumlah perkantoran untuk menangkal karyawan membuang-buang waktu.[160] Privasi pemakai Facebook juga dipersoalkan dan ketenteraman akun pemakai sudah ditembus sejumlah kali. Facebook sukses menyelesaikan tuntutan hukum tentang klaim kode sumber dan properti intelektual.[161]

Dampak politik

Panggung debat Facebook – Saint Anselm College tahun 2008.
Peran Facebook pada proses politik Amerika Serikat hadir pada Januari 2008 sesaat sebelum Pendahuluan New Hampshire, saat Facebook bareng ABC dan Saint Anselm College berkolaborasi untuk memperbolehkan pemakai memberi umpan balik langsung tentang debat antara Partai Repbulik dan Demokrat tanggal 5 Januari.[162][163][164] Charles Gibson menjadi moderator debat yang diselenggarakan di Dana Center for the Humanities di Saint Anselm College. Pengguna Facebook turut berpartisipasi dalam grup debat yang ditata menurut topik tertentu, meregistrasi untuk memilih, dan mengirim pertanyaan.[165]

Lebih dari 1.000.000 orang menginstal software 'US politics' di Facebook supaya dapat berpartisipasi, dan software ini mengukur respon pemakai terhadap komentar tertentu yang dilontarkan oleh kandidat debat.[166] Debat ini menunjukkan untuk komunitas masyarakat mengenai apa yang telah dirasakan remaja ketika ini: Facebook ialah cara baru yang paling populer dan kuat guna berinteraksi dan mendengungkan pendapat. Artikel yang ditulis Michelle Sullivan di Uwire.com mengilustrasikan bagaimana "efek Facebook" sudah memengaruhi tingkat suara remaja, menyokong kandidat politik muda, dan keterlibatan umum populasi remaja pada pemilu 2008.[167]

Pada Februari 2008, suatu grup Facebook mempunyai nama "One Million Voices Against FARC" menyelenggarakan acara yang dihadiri ratusan ribu warga Kolombia yang memrotes Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, dikenal sebagai FARC (dari kepanjangannya yang berbahasa Spanyol).[168] Bulan Agustus 2010, di antara situs pemerintah sah Korea Utara, Uriminzokkiri, bergabung dengan Facebook.[169]

Tahun 2010, seorang direktur kesehatan masyarakat Inggris yang memimpin staf untuk menganalisis sifilis, mempertautkan dan menyalahkan kenaikan permasalahan sipilis di sebanyak wilayah Britania untuk Facebook. Laporan riset ini di cela oleh Facebook sebab "mengabaikan perbedaan antara korelasi dan kausalitas."[170]

Di media
Wikinews mempunyai berita news involving Facebook:
Bloggers investigate social networking websites
News services and World Wide Web companies increase Persian language services after Iranian presidential election
Pada umur 102 tahun, Ivy Bean dari Bradford, Inggris bergabung dengan Facebook pada umur 108 tahun dan menjadikannya di antara orang tertua yang tercatat di Facebook. Sebagai inspirasi untuk penghuni panti jompo lokasi ia tinggal,[171] ia langsung dikenal luas dan sebanyak halaman penggemar diciptakan untuk menghormatinya. Ia menjumpai Perdana Menteri Gordon Brown dan istrinya, Sarah, di Downing Street pada mula 2010.[172] Beberapa ketika setelah menciptakan halaman Facebook-nya, Bean bergabung dengan Twitter saat ia menjangkau batas jumlah rekan yang diputuskan Facebook. Ia menjadi orang tertua yang memakai Twitter. Pada kematiannya bulan Juli 2010, ia mempunyai 4.962 rekan di Facebook dan lebih dari 56.000 pengekor di Twitter. Kematiannya diadukan secara luas di media dan ia menerima penghormatan dari sebanyak tokoh media terkenal.[173]
"FriendFace", episode bulan Desember 2008 dari suatu sitkom Britania, The IT Crowd, memparodikan Facebook dan situs-situs jejaring sosial secara umum.[174]
Penulis Amerika Serikat, Ben Mezrich menerbitkan kitab pada Juli 2009 tentang Mark Zuckerberg dan pendirian Facebook yang berjudul The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal.[175]
Sebagai respon terhadap kontroversi Everybody Draw Mohammed Day dan dilarangnya Facebook di Pakistan, website Facebook versi Islam dibuat dan diberi nama MillatFacebook.[176]
"You Have 0 Friends", di antara episode bulan April 2010 dari serial animasi komedi Amerika Serikat, South Park, memparodikan Facebook.[177]
The Social Network, film drama yang disutradarai David Fincher tentang pendirian Facebook diluncurkan tanggal 1 Oktober 2010.[178] Film ini memperlihatkan pemain ensembel yang terdiri dari Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg, Andrew Garfield sebagai Eduardo Saverin, Justin Timberlake sebagai Sean Parker, dan Armie Hammer sebagai Cameron dan Tyler Winklevoss. Film ini ditulis oleh Aaron Sorkin dan diadopsi dari kitab karya Ben Mezrich tahun 2009, serta didistribusikan oleh Columbia Pictures. Tidak terdapat anggota staf Facebook, tergolong Zuckerberg, yang tercebur dalam proyek ini. Namun, di antara pendiri pendamping Facebook, Eduardo Saverin, ialah narasumber untuk buku Mezrich. Mark Zuckerberg menuliskan bahwa The Social Network tidak akurat.[179]

Komentar

Postingan Populer