PENGERTIAN DAN SEJARAH TWITTER | KURSUS KOMPUTER DI CIREBON I-TECH COURSE

PENGERTIAN DAN SEJARAH TWITTER | KURSUS KOMPUTER DI CIREBON  I-TECH COURSE




Rostoka  February 01, 2019  menurut para ahli, pemilik twitter, PENGERTIAN DAN SEJARAH TWITTER, pengertian facebook, pengertian twitter, pengertian twitter dalam bahasa inggris, pengertian twitter pdf
PENGERTIAN DAN SEJARAH TWITTER



Lampung
ITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111Telp. (0725) 44430HP. 0853 57000 144WA. 0821 77066 400


Jawa Barat
1. Nurul fikri & Indonesian technology,No., Jl. Setu Indah No.116, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 164512. Kampus Indonesian technology & Citra telematikaJl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, JatiwangiKab. MajalengkaTelp. (0233) 8281236HP. 085216667297email : info@citra-telematika.com


Jawa Tengah
Kampus Elmuna & indoneisan technology  JL Soka-Pertanahan, Km 6 No. 10, Klirong, Plumbon, Klegenwonosari, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54381 Cs telp dan WA 087737953747 /087837973541Telepon: (0287) 5505077

Kursus Komputer Di Kebumen I-TECH COURSE- Twitter (/ˈtwɪtər/) ialah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan pemakainya untuk mengirim dan menyimak pesan berbasis teks sampai 140 karakter akan namun pada tanggal 07 November 2017 meningkat hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan website jejaring sosialnya dikenalkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter sudah menjadi di antara dari sepuluh website yang sangat sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet."[5][10] Di Twitter, pemakai tak tercatat hanya dapat membaca kicauan, sementara pemakai terdaftar dapat menulis kicauan melewati antarmuka website web, pesan singkat (SMS), atau melewati berbagai software untuk perlengkapan seluler.[11]

Twitter merasakan pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di semua dunia. Hingga bulan Januari 2013, ada lebih dari 500 juta pemakai tercatat di Twitter, 200 juta di antaranya ialah pemakai aktif.[12] Lonjakan pemakaian Twitter umumnya dilangsungkan saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada mula 2013, pemakai Twitter mengantarkan lebih dari 500 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan penelusuran per hari.[13][14][15] Hal ini mengakibatkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai website jejaring sosial yang sangat sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menduduki peringkat dua puluh dua.[16]

Tingginya popularitas Twitter mengakibatkan layanan ini sudah dimanfaatkan untuk sekian banyak  keperluan dalam sekian banyak  aspek, contohnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter pun dihadapkan pada sekian banyak  masalah dan kontroversi laksana masalah ketenteraman dan privasi pemakai, gugatan hukum, dan penyensoran.[17]

Twitter dipunyai dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan peladen ekstra ada di New York City, Boston, dan San Antonio. Hingga Mei 2015, Twitter sudah mempunyai lebih dari 500 juta pemakai, 302 juta di antaranya ialah pemakai aktif.[18][19]


Kumpulan isi
1 Sejarah
1.1 Pendirian dan reaksi awal
1.2 Pertumbuhan
2 Kepemimpinan
3 Logo
4 Fitur
4.1 Kicauan
4.1.1 Konten
4.1.2 Format
4.1.3 Topik hangat
4.2 Aplikasi dan seluler
4.3 Verifikasi akun
5 Penggunaan
5.1 Peringkat
5.2 Demografi
6 Keuangan
6.1 Pendanaan
6.2 Sumber pendapatan
7 Teknologi
7.1 Implementasi
7.2 Antarmuka
7.3 Gangguan
7.4 Keamanan dan privasi
7.5 Sumber tersingkap dan layanan lainnya
8 Penggunaan dan akibat sosial
9 Statistik
9.1 Akun terpopuler
9.2 Akun terlama
10 Masa depan
11 Lihat juga
12 Referensi
13 Pranala luar
14 Bacaan lanjutan
Sejarah
Pendirian dan reaksi awal

Sketsa cetak biru Twitter (2006) oleh Jack Dorsey, yang menginginkan sebuah layanan pesan singkat berbasis jejaring sosial.
Asal awal Twitter bermula dari acara diskusi yang diadakan oleh suatu perusahaan podcast mempunyai nama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York, menyampaikan gagasannya tentang pemakaian layanan pesan singkat guna berkomunikasi dengan sebuah kumpulan kecil.[20][21] Nama kode proyek asli guna layanan ini ialah twttr, usulan yang lantas diungkapkan oleh Evan Williams diajukan oleh Noah Glass;[22] terinspirasi oleh Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit. Para pengembang tadinya memutuskan angka "10958" sebagai kode singkat guna layanan ini, tetapi kemudian diolah menjadi "40404" untuk fasilitas "pemakaian dan pengingatan."[23] Pengerjaan proyek ini dibuka pada tanggal 21 Maret 2006, saat Dorsey memublikasikan pesan Twitter kesatunya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan itu berbunyi: "just setting up my twttr".[1]

"...kami memilih kata 'twitter', dan tersebut sempurna. Defenisinya ialah 'ledakan singkat informasi tidak penting', dan 'celotehan burung'. Dan laksana itulah tepatnya produk ini. – Jack Dorsey[24]

Twitter kesatu kali dipakai sebagai layanan internal untuk karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan untuk publik pada tanggal 15 Juli 2006.[7] Pada bulan Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya menyusun perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan seluruh asetnya – tergolong Odeo.com dan Twitter.com – dari investor dan pemegang saham.[25] Williams kemudian memecat Glass, yang tidak mengungkapkan tentang perannya dalam pendirian Twitter sampai tahun 2011.[26] Twitter berdiri sebagai perusahaan berdikari pada bulan April 2007.[27]

Titik puncak popularitas Twitter terjadi ketika penyelenggaraan konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi) pada tahun 2007. Selama acara tersebut, pemakaian Twitter bertambah dari 20.000 kicauan menjadi 60.000 kicauan per hari.[28] Berdasarkan keterangan dari Steven Levy dari Newsweek, "Orang-orang Twitter dengan cerdik menanam layar plasma 60 inci di aula konferensi, yang secara khusus menayangkan pesan Twitter. Para panelis dan pembicara merundingkan layanan tersebut, dan semua blogger yang muncul memujinya."[29]

Reaksi publik pada konferensi tersebut paling positif. Blogger Scott Beale berbicara bahwa Twitter "benar-benar merajai" SXSWi. Pakar media sosial, Danah Boyd, menuliskan bahwa Twitter "menguasai" konferensi.[30] Staf Twitter menerima penghargaan Web Award, dan menyatakan: "kami hendak mengucapkan terima kasih dalam 140 karakter atau kurang. Dan kami baru saja melakukannya!".[31]

Pesan Twitter kesatu yang diantarkan dari luar Bumi diposting dari Stasiun Luar Angkasa Internasional oleh astronot NASA mempunyai nama T. J. Creamer pada tanggal 22 Januari 2010.[32] Pada akhir November 2010, rata-rata selusin kicauan masing-masing hari diposting dari akun @NASA_Astronauts. NASA pun telah melangsungkan lebih dari 25 "tweetups", yakni ajang yang menawarkan akses VIP ke kemudahan NASA untuk para peserta di jejaring sosial untuk menambah tujuan penjangkauan NASA.[33]

Pertumbuhan
Twitter merasakan pertumbuhan yang pesat. Terdapat 400.000 kicauan yang diposting per kuartal pada tahun 2007. Jumlah ini bertambah menjadi 100 juta kicauan per kuartal pada 2008. Pada Februari 2010, pemakai Twitter mengantarkan 50 juta kicauan per hari.[34] Pada Maret 2010, perusahaan menulis ada lebih dari 70.000 software Twitter terdaftar.[35] Hingga bulan Juni 2010, menurut keterangan dari Twitter, selama 65 juta kicauan diposting masing-masing harinya, atau selama 750 kicauan per detik,[36] dan pada bulan Maret 2011, jumlah kicauan yang diposting masing-masing harinya menjangkau 140 juta.[37] Berdasarkan keterangan dari laporan Compete.com, posisi Twitter naik ke peringkat ketiga sebagai website jejaring sosial yang sangat sering dikunjungi pada bulan Januari 2009, dari yang sebelumnya menduduki peringkat dua puluh dua.[16]


Jack Dorsey, salah seorang pendiri Twitter, pada tahun 2009.
Lonjakan pemakaian Twitter lazimnya terjadi ketika berlangsungnya peristiwa-peristiwa populer. Sebagai contoh, rekor Twitter terdaftar pada penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2010, ketika penggemar mencatat 2.940 kicauan per detik sesudah Jepang mencetak gol ke gawang Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor ini dipecahkan saat 3.085 kicauan diposting per detiknya oleh pemakai yang merayakan kemenangan Los Angeles Lakers dalam Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010,[38] dan dipecahkan lagi ketika Jepang mengungguli Denmark dalam Piala Dunia 2010, dengan 3.283 kicauan per detik.[39] Rekor tersebut lantas dipecahkan ketika pemakai Twitter memosting 7.196 kicauan per detik saat menyaksikan Final Piala Dunia Wanita FIFA 2011 antara Jepang dan Amerika Serikat.[40] Saat biduan Amerika Michael Jackson wafat pada 25 Juni 2009, server Twitter jebol sesudah puluhan juta pemakai memodernisasi statusnya guna menyebutkan kata "Michael Jackson", dengan tingkat kicauan selama 100.000 per jam.[41] Hingga 1 Januari 2013, rekor dicatatkan oleh pemakai yang berdiam di Zona Waktu Standar Jepang ketika merayakan tahun baru, dengan jumlah kicauan 33.388 per detik; mengungguli rekor sebelumnya (25.088 kicauan per detik), pun dicatatkan oleh pemakai di Jepang ketika pemutaran televisi film "Castle In The Sky".[42]

Twitter mengakuisisi perusahaan developer aplikasi, Atebits, pada tanggal 11 April 2010. Atebits sendiri sudah mengembangkan software klien Twitter mempunyai nama Tweetie, yang dirancang guna Mac dan iPhone, serta sudah memenangkan Apple Design Award. Saat ini, software tersebut mempunyai nama "Twitter", yang didistribusikan secara cuma-cuma dan menjadi klien Twitter resmi guna iPhone, iPad, dan Mac.[43]

Dari September sampai Oktober 2010, perusahaan mulai mengenalkan "New Twitter", edisi baru yang sepenuhnya mengolah tampilan twitter.com. Perubahan ini termasuk keterampilan untuk menyaksikan gambar dan video tanpa mesti meninggalkan website Twitter; yakni dengan teknik mengklik kicauan pribadi yang berisikan tautan pada gambar dan klip dari sekian banyak  situs web pendukung, tergolong YouTube dan Flickr. Perubahan lainnya ialah merekonstruksi antarmuka dengan mengalihkan tautan laksana '@balas' (mentions) dan 'Retweets' ke unsur atas arus Twitter, sementara fitur 'Pesan' dan 'Keluar' bisa diakses melewati bar hitam di bagian sangat atas twitter.com. Pada tanggal 1 November 2010, perusahaan memberitahukan bahwa "New Twitter" ini sudah diluncurkan untuk semua pemakai.

Pada tanggal 5 April 2011, Twitter menguji tampilan halaman depan baru dan secara bertahap meninggalkan "Old Twitter."[44] Namun, sejumlah glitch hadir setelah halaman tersebut diluncurkan, sampai-sampai halaman depan "retro" sebelumnya tetap dipakai sampai masalah tersebut dapat diatasi; halaman depan baru kesudahannya diperkenalkan berpulang kepada tanggal 20 April.[45][46] Pada 8 Desember 2011, Twitter lagi-lagi membongkar situsnya dengan mengenalkan fitur desain "Fly". Dikatakan bahwa layanan ini bakal lebih mempermudah pemakai baru untuk mengekor dan mempromosikan iklan. Di samping itu, Twitter pun memperkenalkan tab 'Beranda' (Home), 'Hubungkan' (Connect), dan 'Temukan' (Discover), serta mendesain ulang profil dan lini masa kicauan. Tata letak twitter.com yang baru ini kerap dikomparasikan dengan Facebook.[47][48]

Pada 21 Februari 2012, diberitahukan bahwa Twitter dan Yandex, search engine yang berbasis di Rusia, sudah sepakat guna bekerja sama.[49] Pada 21 Maret 2012, Twitter merayakan ulang tahunnya yang keenam, sekaligus memberitahukan bahwa Twitter sudah mempunyai 140 juta pemakai, dengan jumlah kicauan 340 juta per hari. Jumlah pemakai Twitter naik 40% dari September 2011, yang mana pada saat tersebut pemakainya berjumlah 100 juta.[50] Pada April 2012, Twitter memberitahukan membuka kantor baru di Detroit supaya bisa berkolaborasi dengan perusahaan otomotif dan biro iklan.[51] Twitter pun memperluas kantor cabangnya sampai ke Dublin.[52]

Pada tanggal 5 Juni 2012, logo modifikasi Twitter diresmikan melewati blog perusahaan; menghapus teks "twitter" dan melulu menampilkan gambar burung sebagai simbol Twitter.[53] Selanjutnya, pada 5 Oktober 2012, Twitter mengakuisisi perusahaan klip video mempunyai nama Vine.[54][55] Pada 24 Januari 2013, Twitter merilis Vine sebagai software mandiri yang memungkinkan pemakai untuk menciptakan dan berbagi klip video sepanjang enam detik. Video Vine yang diberikan di Twitter bakal terlihat langsung pada umpan Twitter pemakai.[56] Karena masuknya konten yang tidak pantas, software ini dinilai 17+ di Apple app store.[57]

Pada 18 Desember 2012, Twitter memberitahukan telah mempunyai 200 juta pemakai yang aktif per bulannya.[58] Pada 18 April 2013, Twitter meluncurkan software musik mempunyai nama "Twitter Music for iPhone".[59]

Kepemimpinan
Pada mula pendiriannya, CEO Twitter, Inc. dijabat oleh Jack Dorsey.[60] Pada tanggal 16 Oktober 2008,[61] Evan Williams memungut alih posisi CEO, sementara Dorsey menjadi pimpinan eksekutif.[62] Pada 4 Oktober 2010, Williams memberitahukan bahwa ia mengundurkan diri sebagai CEO. Dick Costolo, yang sebelumnya menjabat sebagai COO, menjadi CEO baru Twitter, Inc. Berdasarkan keterangan dari blog Twitter pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams tetap bekerja di perusahaan dan "berfokus pada strategi produk."[63]

The New York Times mengadukan bahwa "Mr. Dorsey dan Mr. Costolo menjalin hubungan yang erat sepeninggal Williams."[64] Berdasarkan keterangan dari PC Magazine, Williams "tak lagi tercebur dalam kejadian keseharian di perusahaan". Ia berfokus guna mengembangkan produk baru, tetapi tetap menjadi anggota dewan direksi Twitter, dan berjanji guna "membantu dengan teknik apapun yang ia bisa". Stone masih tetap bekerja di Twitter, tetapi ia pun bekerja sebagai penasihat di AOL.[65]

Dorsey bergabung pulang dengan Twitter pada bulan Maret 2011 sebagai pimpinan eksekutif yang berfokus pada pengembangan produk. Dorsey pun menjabat sebagai CEO di Square, yang jarak kantornya tidak jauh dari kantor Twitter di San Fransisco.[64] Pada September 2011, anggota direksi dan investor, Fred Wilson dan Bijan Sabet, mengundurkan diri dari keanggotaan Dewan Direksi Twitter.[66] Pada bulan Oktober 2012, Twitter memberitahukan telah mempekerjakan mantan eksekutif Google, Matt Derella, sebagai direktur pengembangan bisnis.[67]

Logo
Secara internasional, Twitter dikenal dengan logo burung birunya yang mempunyai nama "Larry the Bird". Logo asli dipakai sejak peluncuran Twitter pada 2006 sampai bulan September 2010. Versi modifikasi logo Twitter dikenalkan saat Twitter mendesain ulang situsnya guna kesatu kali.

Pada 27 Februari 2012, seorang karyawan Twitter yang menangani platform dan API perusahaan berkicau mengenai perubahan logo "Larry the Bird", mengungkapkan bahwa logo itu dinamai menurut Larry Bird, pemain NBA dari Boston Celtics.[68] Pada 5 Juni 2012, Twitter mengenalkan logo ketiga yang di desain ulang, menggantikan "Larry the Bird" dengan logo baru yang disebut "Twitter Bird." Pada revisi logo ini, kata "twitter", dengan huruf "t" kecil, bukan lagi digunakan, dan burung menjadi satu-satunya simbol yang dipakai sebagai logo perusahaan.[69] Berdasarkan keterangan dari Douglas Bowman, desainer grafis Twitter, logo baru ini terinspirasi dari Gunung Bluebird.[70]

15 Juli 2006–14 September 2010
15 Juli 2006–14 September 2010
14 September 2010–5 Juni 2012
14 September 2010–5 Juni 2012
5 Juni 2012–sekarang
5 Juni 2012–sekarang
Fitur
Kicauan

Laman akun Twitter Wikipedia, menunjukkan lini masa yang memperlihatkan kicauan secara kronologis-terbalik.
Secara standar, kicauan (tweet) pemakai bisa terlihat oleh umum, tetapi pemakai dapat memberi batas pengiriman kicauan hanya untuk pengikut mereka. Pengguna dapat "berkicau" melewati situs Twitter, software eksternal yang kompatibel (seperti guna telepon pintar), ataupun melewati layanan pesan singkat (SMS) yang terdapat di negara-negara tertentu.[71] Layanan-layanan tersebut mempunyai sifat gratis, kecuali layanan SMS, yang dikenakan ongkos oleh penyedia layanan seluler.[71]

Pengguna dapat berlangganan kicauan pemakai beda dengan teknik mengikuti (follow) pemakai yang bersangkutan, dan pemakai yang mengekor tersebut bakal menjadi pengekor (followers) untuk pemakai yang diikutinya. Sebutan lainnya ialah tweeps, singkatan dari Twitter dan peeps.[72][73] Pengguna dapat memeriksa orang-orang yang mengurungkan pertemanan (unfollowing) melewati layanan pihak ketiga.[74] Di samping itu, pemakai juga dapat memblokir pemakai beda yang telah mengekor mereka.

Twitter memungkinkan pemakainya untuk "berkicau" melewati ponsel, layanan pesan singkat, ataupun melalui software yang diluncurkan guna tablet dan telepon pintar tertentu.[75] Twitter sering dibanding-bandingkan dengan klien Internet Relay Chat (IRC) berbasis web.[76] Pada tahun 2008, dalam suatu esai di majalah Time, pengarang teknologi Steven Johnson mengaku bahwa mekanisme dasar Twitter "sangat sederhana". Ia menulis:

"Sebagai jejaring sosial, Twitter mengkhususkan prinsip pengikut. Jika kita memilih untuk mengekor pemakai beda di Twitter, kicauan pemakai akan hadir secara kronologis-terbalik di halaman utama Anda. Jika Anda mengekor 20 orang, Anda bakal melihat sekian banyak  kicauan yang bergulir ke bawah halaman: kicauan sarapan sereal, tautan baru yang menarik, rekomendasi musik, bahkan renungan tentang masa mendatang pendidikan."[77]

Konten

Konten kicauan pemakai Twitter menurut keterangan dari riset Pear Analytics:
Berita (3,6%)
Spam (3,8%)
Promosi diri (5,9%)
Celotehan tak berarti (40,1%)
Percakapan (37,6%)
Pesan berulang/retweet (8,7%)
Perusahaan penelitian Pear Analytics meneliti 2.000 kicauan pemakai Twitter di Amerika Serikat sekitar dua minggu pada bulan Agustus 2009, dari pukul 11:00 am hingga 5:00 pm (CST), dan membaginya ke dalam enam kategori:[78]

Celotehan tak berarti – 40%
Percakapan – 38%
Pesan berulang/retweet – 9%
Promosi diri – 6%
Spam – 4%
Berita – 4%
Format
Pengguna bisa mengelompokkan kicauan menurut keterangan dari topik atau jenis dengan memakai tagar (hashtag) – kata atau frasa yang dimulai dengan tanda "#". Sedangkan tanda "@", yang dibuntuti dengan nama pemakai, dipakai untuk mengirim atau menjawab kicauan pada pemakai lain.[79] Bagi memosting ulang kicauan pemakai beda dan membaginya pada pengekor sendiri, ada fitur retweet, yang dicerminkan  dengan "RT".[butuh rujukan] Pada akhir 2009, Twitter menambahkan fitur "daftar" (list), yang memungkinkan pemakai guna mengirim dan menjawab kicauan pada susunan pemakai, bukannya pada pemakai secara perorangan.[72][80]

Melalui pesan singkat, pemakai bisa berkomunikasi via Twitter dengan memakai lima digit nomor gateway: kode singkat guna Amerika Serikat, Kanada, India, Selandia Baru, dan Pulau Man cocok dengan nomor internasional. Kode singkat di Britania Raya hanya dapat diakses oleh pelanggan Vodafone, O2,[81] dan Orange.[82] Di India, sebab layanan Twitter SMS melulu didukung oleh Bharti Airtel,[83] platform pilihan bernama smsTweet[84] disusun oleh seorang pemakai, yang menyokong semua operator.[85] Ada pun platform serupa mempunyai nama GladlyCast guna pemakai di Singapura, Malaysia, dan Filipina.[86]

Kapasitas kicauan yang ditetapkan diberi batas 140 karakter untuk dalil kompabilitas dengan pesan SMS, mengenalkan notasi singkat dan bahasa slang yang umum dipakai dalam SMS. Batas 140 karakter ini telah menambah pemakaian layanan penyingkat URL laksana bit.ly, goo.gl, dan tr.im, serta layanan penampung konten laksana Twitpic, memozu.com, dan NotePub, guna mengakomodasi konten multimedia dan teks yang panjangnya lebih dari 140 karakter. Sejak Juni 2011, Twitter telah memakai domain sendiri, yaitu t.co, guna menyingkat otomatis seluruh URL yang diposting di situsnya.[87][88]

Topik hangat

Negara atau kota-kota yang sudah memiliki susunan tren tersendiri.
Sebuah kata, frasa, atau topik yang lebih tidak sedikit dibicarakan daripada topik lainnya dinamakan dengan topik hangat/tren[89] (trending topics). Suatu topik dapat menjadi tren sebab adanya upaya terpadu oleh pemakai, ataupun sebab adanya sebuah peristiwa yang mendorong orang untuk merundingkan satu topik tertentu.[90] Topik ini menolong Twitter dan pemakainya untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia.[91] Twitter sendiri telah mengolah algoritme topik hangat mula-mula untuk menangkal manipulasi tren.[92]

Muncul pula kontroversi seputar topik hangat di Twitter: Twitter sudah menyensor tagar yang menyebut pemakai atau kumpulan tertentu. Twitter pernah menyensor tagar #Thatsafrican[93] dan #thingsdarkiessay[94] sesudah pemakai mengeluh bahwa tagar ini mempunyai sifat ofensif.[butuh rujukan] Ada sangkaan bahwa Twitter menghapus tagar #NaMOinHyd dari susunan tren dan menambahkan tagar yang disponsori Kongres Nasional India.[95]

Aplikasi dan seluler

Twitter versi seluler, mobile.twitter.com.
Ada tidak sedikit layanan dan software klien Twitter yang dapat digunakan guna menambahkan dan mengawasi konten, ataupun guna mengirim dan menjawab kicauan, di antaranya ialah Telly (layanan berbagi video, dulunya mempunyai nama Twitvid),[96] TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, dan Twitterfeed. Pada tahun 2009, nyaris setengah kicauan diposting dengan memakai antarmuka pemakai web, dan beberapa besarnya menggunakan software pihak ketiga (menurut penelitian terhadap 500 juta kicauan yang dilaksanakan oleh Sysomos).[97]

Twitter memiliki software seluler guna iPhone, iPad, Android, Windows Phone, BlackBerry, dan Nokia s40.[98] Ada pun situs web untuk perangkat seluler, layanan Twitter SMS, dan MMS.[99] Twitter memberi batas pemakaian software pihak ketiga dengan merealisasikan batas 100.000 pemakai.[100]

Pada 31 Agustus 2010, software Twitter pihak ketiga diharuskan untuk memakai OAuth, cara otentikasi yang tidak mewajibkan pemakai guna memasukkan kata sandi mereka ke dalam aplikasi. Sebelumnya, cara otentikasi OAuth mempunyai sifat opsional. Saat ini, cara ini diharuskan dan cara otentikasi kata sandi/nama pemakai tidak lagi mempunyai sifat fungsional. Twitter mengaku bahwa cara OAuth ini bakal "meningkatkan ketenteraman dan empiris ber-Twitter yang lebih baik."[101]

Verifikasi akun
Pada bulan Juni 2008, Twitter mengenalkan program verifikasi, yang memungkinkan semua selebriti dan tokoh publik guna memverifikasi akun mereka.[102] Program ini tadinya ditujukan untuk menolong pemakai mengenali akun selebriti yang benar-benar dipunyai oleh selebriti tersebut, bukannya akun palsu. Sejak ketika itu, program ini telah dipakai untuk memverifikasi akun semua pengusaha dan tokoh publik yang barangkali tidak aktif berkicau, tetapi masih hendak mempertahankan kontrol atas akun yang menyandang nama mereka.

Penggunaan
Peringkat
Twitter ialah salah satu dari sepuluh website yang sangat sering dikunjungi di dunia menurut keterangan dari analisis kemudian lintas web Alexa.[103] Perkiraan jumlah pemakai harian Twitter bervariasi sebab perusahaan tidak memublikasikan statistik akun-akun yang aktif. Pada bulan Februari 2009, compete.com menanam Twitter sebagai website jejaring sosial ketiga yang sangat sering digunakan, pemeringkatan ini menurut perhitungan mereka terhadap 6 juta pengunjung aktif masing-masing bulan dan 55 juta trafik per bulan.[104] Pada Maret 2009, Nielsen.com menanam Twitter sebagai website web dengan perkembangan tercepat menurut kelompok jumlah anggota per Februari 2009. Twitter merasakan pertumbuhan tahunan sebesar 1.382 persen, bertambah dari 475.000 trafik pada bulan Februari 2008 menjadi 7 juta trafik pada Februari 2009.[105] Pada tahun 2009, Twitter mempunyai tingkat perkembangan pemakai bulanan sebesar 40 persen.[106]

Demografi
Lihat pula: Black Twitter
5 besar pasar global Twitter menurut keterangan dari pertumbuhan pemakai (%)[107][108]
Negara Persen
Indonesia Jun 2010

20.8%
Des 2010

19.0%
Brasil Jun 2010

20.5%
Des 2010

21.8%
Venezuela Jun 2010

19.0%
Des 2010

21.1%
Belanda Jun 2010

17.7%
Des 2010

22.3%
Jepang Jun 2010

16.8%
Des 2010

20.0%
Catatan: Pengunjung berusia 15+ yang mengakses Twitter dari lokasi tinggal dan lokasi kerja. Tidak termasuk trafik dari komputer publik laksana warung Internet atau akses dari ponsel dan PDA.
Berdasarkan keterangan dari seorang pakar media sosial mempunyai nama Jeremiah Owyang, pada tahun 2009, Twitter umumnya dipakai oleh orang dewasa yang bisa jadi belum pernah memakai jejaring sosial beda sebelum Twitter; "Orang dewasa melulu mengikuti apa yang remaja kerjakan selama bertahun-tahun", kata Owyang.[109] Berdasarkan keterangan dari comScore, melulu 11 persen pemakai Twitter yang berusia antara 12-17 tahun.[109] Namun, "Twitter mulai merambah kebiasaan populer setelah sejumlah selebriti laksana Shaq, Britney Spears, dan Ashton Kutcher bergabung dengan Twitter."[110]

Berdasarkan keterangan dari hasil penelitian Sysomos pada bulan Juni 2009, pemakai Twitter wanita sedikit lebih tidak sedikit jika dikomparasikan dengan pemakai laki-laki, dengan komparasi 53:47 persen. Riset tersebut pun menemukan bahwa 75 % dari keseluruhan kegiatan di Twitter didapatkan oleh 5 persen pemakai aktif. Ditemukan pun bahwa New York City mempunyai lebih tidak sedikit pemakai Twitter bila dikomparasikan dengan kota-kota lainnya.[111]

Berdasarkan keterangan dari Quancast, 27 juta penduduk AS memakai Twitter sesudah tanggal 3 September 2009. Quantcast pun mengungkapkan bahwa di Amerika Serikat, 63 persen pemakai Twitter berusia di bawah tiga puluh lima tahun; 60 persen pemakai Twitter berasal dari ras Kaukasia, tetapi rata-rata pemakai Afrika Amerika/kulit hitam lebih tinggi bila dikomparasikan dengan jejaring sosial lainnya, sementara pemakai Hispanik berjumlah 11 persen; dan 58 % pemakai Twitter mempunyai total pendapatan paling tidak US$60.000.[112] Prevalensi pemakaian Twitter oleh penduduk Afrika Amerika dalam sekian banyak  tagar populer sudah menjadi subjek riset oleh semua pakar media sosial.[113][114]

Pada tanggal 7 September 2011, Twitter memberitahukan telah mempunyai 100 juta pemakai aktif yang minimal membuka Twitter sekali sebulan, dan 50 juta pemakai aktif masing-masing hari.[115] Dalam sebuah tulisan yang diterbitkan pada tanggal 6 Januari 2012, Twitter diadukan telah menjadi jejaring sosial terbesar di Jepang, menggeser Facebook ke posisi dua. ComScore pun menyatakan bahwa Jepang ialah satu-satunya negara di dunia yang pemakai Twitternya lebih tidak sedikit daripada pemakai Facebook.[116] Hingga Juli 2012, diadukan bahwa jumlah pemakai tercatat Twitter menjangkau angka 500 juta, dengan 200 juta pemakai aktif; 140 juta di antaranya berasal dari Amerika Serikat, dan kota dengan pemakai Twitter terbanyak ialah Jakarta.[13]

Keuangan
Pendanaan

Markas besar Twitter di 1355 Market St., San Francisco.
Twitter diduga telah meraup lebih dari US$57 juta dari pendanaan pemodal gabungan, meskipun angka tentunya tidak diungkapkan untuk publik. Pendanaan mula Twitter tidak diketahui jumlahnya, tetapi dikabarkan menjangkau angka US$1 sampai US$5 juta.[117] Pendanaan putaran kedua pada tahun 2008 diduga sebesar US$22 juta,[118] dan pendanaan putaran ketiga pada 2009 ialah sebesar US$35 juta, yang berasal dari Institutional Venture Partners dan Benchmark Capital, tergolong jumlah tak diketahui yang didapatkan dari investor lain, laksana Union Square Ventures, Spark Capital, dan Insight Venture Partners.[117] Pendanaan Twitter sendiri disokong oleh Union Square Ventures, Digital Garage, Spark Capital, dan Bezos Expeditions.[119]

Pada bulan Mei 2008, The Industry Standard mengadukan bahwa keberlangsungan jangka panjang Twitter terkendala dampak kurangnya penerimaan.[120] Anggota dewan direksi Twitter, Todd Chaffee, memperkirakan bahwa perusahaan dapat mendapatkan deviden dari perniagaan elektronik (e-commerce) sebab pemakai barangkali saja tertarik untuk melakukan pembelian barang yang dipromosikan melewati Twitter.[121]

Perusahaan menerima US$200 juta dari semua pemodal pada bulan Desember 2010, dengan nilai jual perusahaan selama US$3,7 miliar.[122] Pada Maret 2011, 35.000 saham Twitter dipasarkan dengan harga US$34,50 per lembar, dan dengan begitu nilai jualnya selama US$7,8 miliar.[123] Pada bulan Agustus 2010, Twitter memberitahukan bahwa investasi "signifikan" sebesar US$800 juta telah dilaksanakan oleh Digital Sky Technologies.[124] Pada Desember 2011, pangeran Arab Saudi, Alwaleed bin Talal, menginvestasikan $300 juta pada Twitter. Pada ketika itu, nilai jual perusahaan ialah $US8,4 miliar.[125] Twitter juga dirasakan sebagai kandidat potensial guna penawaran umum perdana pada tahun 2013.[126]

Sumber pendapatan
Pada bulan Juli 2009, dokumen yang memuat perkembangan dan penghasilan Twitter dipublikasikan di TechCrunch setelah didapatkan secara ilegal oleh Hacker Croll. Dokumen tersebut mencerminkan bahwa pada kuartal ketiga 2009, penghasilan Twitter ialah sebesar US$400.000, dan US$4 juta pada kuartal keempat, dengan jumlah pemakai sejumlah 25 juta pada akhir tahun. Proyeksi penghasilan Twitter pada akhir 2013 ialah US$1,54 miliar, US$111 juta laba bersih, dan 1 miliar pemakai.[127] Tak terdapat informasi tentang bagaimana upaya Twitter guna mewujudkan angka-angka tersebut. Sebagai tanggapan, salah seorang pendiri Twitter, Biz Stone, mengeluarkan sebuah posting blog yang berencana untuk mengayunkan tindakan hukum terhadap si peretas.[128]

Pada 13 April 2010, Twitter memberitahukan rencananya guna menawarkan iklan untuk perusahaan yang dapat membeli "kicauan promosi". Kicauan itu akan hadir dalam hasil penelusuran di website Twitter, serupa dengan model iklan Google Adwords. Pada 13 April, Twitter mengaku sudah memegang susunan sejumlah perusahaan yang hendak beriklan, tergolong Sony Pictures, Red Bull, Best Buy, dan Starbucks.[129][130] Bagi melanjutkan kampanye iklannya, Twitter memberitahukan pada tanggal 20 Maret 2012 bahwa iklan pun akan disertakan dalam Twitter versi seluler. Twitter meraup US$139,5 juta dari periklanan pada tahun 2011, dan menginginkan angka ini bakal naik menjadi US$259,9juta pada tahun 2012.[131]

Twitter merugi pada tahun 2010. Pendapatan yang sebelumnya diduga akan menjangkau US$100 sampai US$110 juta melulu mampu menghasilkan US$45 juta.[122] Foto-foto pemakai yang bebas royalti juga dapat menjadi sumber uang untuk Twitter; kesepakatan dengan WENN diberitahukan pada bulan Mei 2011.[132] Pada Juni 2011, Twitter memberitahukan akan mengenalkan sistem periklanan yang baru.[133] Pada April 2013, iklan tersebut telah tersedia untuk semua pemakai di Amerika Serikat.[134]

Teknologi
Implementasi
Twitter paling bergantung pada perangkat empuk sumber terbuka.[135] Antarmuka web Twitter memakai kerangka kerja Ruby on Rails,[136] dan peningkat kinerja Ruby Enterprise Edition kepunyaan Ruby.[137] Pada mula pengoperasian Twitter, kicauan pemakai ditabung dalam basis data MySQL, yang dipecah menurut keterangan dari waktu pemostingan. Namun, penyimpanan pada MySQL ini memunculkan masalah dalam menyimak ataupun mencatat di Twitter, dan perusahaan lalu menyimpulkan untuk membongkar sistem.[138] Pada 6 April 2011, semua teknisi di Twitter mengaku bahwa mereka telah berpindah dari Ruby on Rails ke server Java yang mereka sebut Blender.[9]

Dari musim semi 2007 sampai 2008, konten dikelola oleh server persisten Ruby yang dinamakan Starling.[139] Namun, semenjak 2009, implementasinya secara bertahap digantikan oleh perangkat empuk yang ditulis dalam Scala.[140] Peralihan dari Ruby ke Scala dan JVM sudah menyebabkan bertambahnya kinerja Twitter, dari yang sebelumnya 200-300 permintaan per detik per host menjadi 10.000-20.000 permintaan per detik per host. Peningkatan ini lebih tinggi 10x lipat dari perkiraan semua teknisi Twitter sebelumnya. Perubahan lainnya dilaksanakan dengan pergantian dari pengembangan monolitik software tunggal menjadi arsitektur dengan layanan bertolak belakang yang di bina secara independen dan digabungkan melewati pemanggilan formalitas jarak jauh.[138]

Layanan antarmuka pemrograman software (API) memungkinkan layanan web dan software lainnya guna berintegrasi dengan Twitter.[141][142] Kicauan pribadi didaftarkan di bawah ID menarik dengan memakai perangkat empuk yang dinamakan Snowflake, dan data geolokasi ditambahkan dengan memakai 'Rockdove'. Penyingkat URL t.co lantas akan mengecek tautan spam dan menyingkat URL-nya. Kicauan ditabung dalam basis data MySQL memakai Gizzard dan dikatakan kepada pemakai bahwa kicauan sudah terkirim. Kicauan kemudian dikirim ke mesin pencari melewati API Firehose. Proses itu dikelola oleh FlockDB, dengan masa-masa rata-rata 350 ms.[135] Pada tanggal 16 Agustus 2013, Wakil Presiden Pengelolaan Platform Twitter, Raffi Krikorian, menyebutkan sebuah artikel di blog yang mengungkapkan bahwa infrastruktur perusahaan menangani nyaris 143.000 kicauan per detik pada minggu itu, mencetak rekor baru. Krikorian mengaku bahwa Twitter dapat mencapai rekor tersebut sebab memadukan homegrown dan teknologi sumber terbuka.[138][143]

Antarmuka
Pada 30 April 2009, Twitter menata ulang antarmuka webnya, menambahkan bar penelusuran dan bar samping "trending topics". Biz Stone menyatakan bahwa seluruh kicauan bakal segera diindeks. Stone menegaskan: "dengan diluncurkannya fitur baru ini, Twitter tanpa diperkirakan telah menjadi sesuatu yang urgen – search engine untuk mengejar apa yang sedang terjadi ketika ini."[144]

Pada bulan Maret 2012, Twitter sudah tersedia dalam bahasa Arab, Persia, Ibrani, dan Urdu; menjadi bahasa dengan penulisan kanan-ke-kiri kesatu yang terdapat di website ini. Sekitar 13.000 relawan menolong menerjemahkan pilihan menu pada Twitter.[145] Pada Agustus 2012, sokongan beta guna bahasa Basque, Ceko, dan Yunani ditambahkan, sampai-sampai Twitter sudah tersedia dalam 33 bahasa berbeda.[146]

Gangguan

Pesan kekeliruan "fail whale" Twitter.
Saat Twitter merasakan gangguan, pemakai akan menyaksikan gambar pesan kekeliruan "fail whale" (harfiah: paus gagal) yang didesain oleh Yiying Lu.[147] Gambar ini mengilustrasikan delapan burung jingga yang mengusung seekor paus dari laut dengan memakai jaring, dengan keterangan: "Twitter is over capacity. Please wait a moment and try again" ("Twitter keunggulan kapasitas. Mohon tunggu sejumlah saat dan jajaki lagi").[148]

Pada tahun 2007, Twitter mempunyai uptime selama 98 persen, atau merasakan downtime sekitar enam hari penuh.[149] Downtime (pemadaman) ini lazimnya terjadi ketika berlangsungnya acara-acara teknologi populer, contohnya saat Macworld Conference & Expo pada tahun 2008.[150][151]

Mei 2008 – Tim teknisi baru Twitter mengerjakan perubahan arsitektur berhubungan dengan skala pertumbuhan. Masalah stabilitas mengakibatkan Twitter dipadamkan atau sejumlah fitur dihapus guna sementara.
Agustus 2008 – Twitter unik layanan SMS cuma-cuma dari pemakai di Inggris,[152] dan sokongan pesan instan sekitar lima bulan melewati bot XMPP menjadi "tidak terdapat untuk sementara".[153]
10 Oktober 2008 – Postingan blog Twitter memberitahukan bahwa layanan pesan instan (IM) bakal dihentikan untuk sedangkan dan butuh diperbarui. Diungkapkan pun bahwa Twitter bermaksud guna melanjutkan proyek layanan IM-nya yang sempat tertunda.[154]
12 Juni 2009 – Kejadian yang dijuluki dengan "Twitpocalypse"; pengidentifikasi numerik menarik menandai masing-masing kicauan yang menjangkau batas 32-bit sebagai integer (2.147.483.647 total kicauan).[155] Meskipun urusan ini tidak memengaruhi Twitter, beberapa software pihak ketiga tak lagi dapat mengakses kicauan terbaru. Patch segera diluncurkan, tetapi beberapa software iPhone mesti menantikan persetujuan dari App Store.[156]
25 Juni 2009 – Twitter berlangsung lambat selama sejumlah saat sesudah lebih dari 100.000 kicauan yang mengomentari kematian biduan Michael Jackson dikirim dalam masa-masa satu jam.[157]
6 Agustus 2009 – Twitter dan Facebook menjadi target serangan DoS, mengakibatkan situs Twitter mati selama sejumlah jam.[158][159]
22 September 2009 – Identifikator pulang menandai kicauan yang melebihi batas 32-bit sebagai integer (4.294.967.296 total kicauan), lagi-lagi merepotkan software klien pihak ketiga.[160]
17 Desember 2009 – Seorang peretas mengubah halaman selamat datang Twitter dengan tulisan: "This site has been hacked by Iranian Cyber Army" (situs ini sudah diretas oleh Iranian Cyber Army") selama nyaris satu jam. Tak terdapat hubungan antara si peretas dengan Iran.[161]
Juni–Juli 2010 – Twitter merasakan tingkat pemadaman layanan yang paling tinggi (10-20%) sekitar berlangsungnya Piala Dunia FIFA 2010. Keterlambatan respon pun meningkat secara substansial.[162]
November 2010 – Sejumlah akun tidak dapat masuk log dan tidak jarang kali disambut oleh "fail whale". Akun yang dapat masuk masih dapat mengakses halaman "balas" dan mengirim kicauan dari sana, tetapi jumlah pengikutnya menjadi nol dan lini masa serta sebanyak fitur lainnya tidak tersedia.
21 Juni 2012 – Situs padam selama satu jam empat puluh menit. Twitter mengaku bahwa urusan itu diakibatkan oleh "bug kecil".[163]
26 Juli 2012 – Pengguna Twitter di Inggris tidak dapat memosting kicauan sehari sebelum penyelenggaraan Olimpiade London 2012.[164]
Keamanan dan privasi
Pesan Twitter mempunyai sifat publik, namun pemakai juga dapat mengirim pesan pribadi melewati fitur "pesan langsung" (DM).[165] Twitter mengoleksi informasi pribadi tentang pemakai dan membaginya dengan pihak ketiga. Layanan berhak untuk memasarkan informasi ini andai perusahaan beralih tangan.[166] Twitter memang tidak memperlihatkan iklan secara langsung, tetapi pengiklan bisa menargetkan pemakai menurut riwayat kicauannya dan dapat mengirim kicauan promosi yang ditargetkan khusus guna pemakai yang bersangkutan.[167]

Kerentanan ketenteraman pada Twitter diadukan pada tanggal 7 April 2007 oleh Nitesh Dhanjani dan Rujith. Sejak Twitter memakai nomor telepon sebagai cara otentikasi, pemakai yang tidak bertanggungjawab dapat memperbarui kedudukan pemakai beda dengan memakai penipuan SMS.[168] Hal ini dapat terjadi andai si penipu memahami nomor telepon yang didaftarkan oleh akun korban mereka. Segera sesudah itu, Twitter mengenalkan Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) opsional yang dapat digunakan guna mengotentikasi layanan Twitter SMS.[169]

Pada 5 Januari 2009, 33 akun Twitter populer diretas sesudah kata sandi admin Twitter diprediksi dengan memakai serangan kamus.[170] Kicauan-kicauan palsu – tergolong kicauan yang memuat konten seksual dan obat-obatan terlarang – dikirim dari akun tersebut.[171] Twitter mengenalkan versi beta layanan "Verifikasi Akun" pada tanggal 11 Juni 2009, yang memungkinkan para tokoh publik guna memverifikasi akun Twitter mereka. Halaman utama akun-akun itu akan disertai dengan suatu lencana (biasanya tanda ✓) yang mengindikasikan bahwa akun mereka asli.[172] Pada bulan Mei 2010, suatu bug ditemukan oleh İnci Sözlük. Bug ini memaksa seorang pemakai untuk mengekor akun tertentu tanpa persetujuan atau sepengetahuan pemakai yang bersangkutan. Sebagai contoh, akun komedian Conan O'Brien, yang tadinya hanya mengekor satu pemakai, tiba-tiba mengikuti nyaris 200 akun berbahaya.[173]

Menanggapi pelanggaran ketenteraman di Twitter, Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat mengayunkan gugatan terhadap Twitter pada tanggal 24 Juni 2010. Ini ialah kesatu kalinya FTC mengayunkan tindakan hukum terhadap jejaring sosial untuk mengayomi informasi individu pemakai. Peristiwa ini mengakibatkan Twitter memungut sejumlah tahapan untuk mengayomi informasi pemakainya, tergolong pemeliharaan "program ketenteraman informasi secara komprehensif" dengan mengauditnya secara independen dua kali setahun.[174] Pada 14 Desember 2010, Departemen Kehakiman Amerika Serikat menerbitkan surat perintah pengadilan terhadap Twitter supaya memberikan informasi tentang akun yang tercatat atau sehubungan dengan Wikileaks.[175] Twitter menyimpulkan untuk memberitahu pemakainya dan menyatakan: "... telah menjadi kepandaian kami guna memberitahu pemakai tentang penegakan hukum dan permintaan pemerintah yang berhubungan dengan informasi individu mereka, kecuali terdapat hukum yang menangkal kami guna melakukannya."[165]

Masalah "onMouseOver" terjadi pada tanggal 21 September 2010 sesudah XSS Worm menyerang Twitter. Ketika pemakai menunjukkan kursor tetikus pada suatu kicauan, worm di dalam skrip secara otomotis bakal membuka tautan dan me re-posnya untuk para pengekor pemakai yang bersangkutan.[176] Kesalahan ini kemudian dipakai untuk mengirim iklan sembulan dan tautan ke website porno. Asalnya tidak jelas, tetapi Pearce H. Delphin dan seorang developer Skandinavia mempunyai nama Magnus Holm menyatakan bertanggungjawab atas kejadian ini. Masato Kinugawa, seorang developer Jepang, mengaku tadinya bermaksud menggunakannya untuk menciptakan kicauan berwarna.[177] Kinugawa mengadukan kerentanan Twitter terhadap serangan perlengkapan perusak XSS pada tanggal 14 Agustus.[177] Delphin mengaku bahwa ia mengejar cacat ketenteraman pada Twitter sesudah menyebutkan faedah Javascript guna "onMouseOver" dalam format kicauan,[177] dan Holm lantas membuat dan memosting XSS Worm yang secara otomatis meretweet dirinya sendiri.[176] Perusahaan ketenteraman Sophos mengadukan bahwa virus itu disebarkan oleh orang-orang yang melakukannya melulu untuk "bermain dan bersenang-senang", tetapi menegaskan bahwa virus itu juga dapat dimanfaatkan oleh penjahat cyber.[176][176][178]


Postingan Twitter bertanggal 8 Mei 2011 yang merangsang kontroversi di Inggris berhubungan dengan hak privasi pemakai di media sosial.
Pada bulan Mei 2011, Twitter digugat oleh seorang pemakai tak dikenal mempunyai nama "CTB" (pemakai tersebut lantas diketahui ialah Ryan Giggs). Kasus ini dikenal dengan sebutan CTB v Twitter Inc.. Si penggugat yang tidak diketahui identitasnya (Giggs) mengayunkan tindakan hukum terhadap Twitter di Pengadilan Tinggi London[179] sesudah dipostingnya gosip kehidupan individu Giggs oleh puluhan ribu pemakai Twitter. Pengadilan meminta Twitter guna mengungkapkan identitas akun tersebut, yang mengakibatkan Giggs mesti berurusan dengan hukum; perselingkuhannya dengan Imogen Thomas terungkap di pengadilan sesudah menjadi percakapan luas di Twitter.[180][181] Tony Wang, Pimpinan Twitter Eropa, menyatakan: "orang-orang yang mengerjakan hal buruk di Twitter berhak membela diri cocok dengan hukum yang berlaku di yurisdiksi mereka, dan Twitter akan memberikan informasi tentang pemakai untuk yang berwenang bila dibutuhkan secara hukum."[182] Ia pun mengungkapkan bahwa Twitter akan mengamini perintah pengadilan Inggris guna mengungkapkan nama-nama pemakai yang bertanggung jawab atas "kegiatan ilegal" tertentu.[183]

Pada tanggal 29 Mei 2011, diadukan bahwa dewan kota South Tyneside, Inggris, sukses memenangkan tuntutan terhadap Twitter di pengadilan California supaya bersedia mengungkapkan identitas lima akun pemakai. Dewan kota berupaya untuk mengejar identitas seorang blogger berjuluk "Mr Monkey",[184] yang diperkirakan telah memosting pengakuan fitnah terhadap tiga anggota dewan.[185] Pada 23 Januari 2012, Twitter dikabarkan bakal mengakuisisi Dasient untuk menambah perlindungan dari perlengkapan perusak.[186] Selanjutnya, tanggal 26 Januari 2012, Twitter menawarkan fitur yang memungkinkan sebuah negara bisa menghapus secara selektif kicauan tertentu. Sebagai contoh, di Perancis dan Jerman, konten yang berbau pro-Nazi bakal dihapus.[187][188] Fitur ini kesatu kali dipakai untuk menutup akun kumpulan neo-Nazi Jerman, Besseres Hannover, pada 18 Oktober 2012.[189] Keesokan harinya, kicauan pemakai Perancis yang berbau antisemit (#unbonjuif) pun dihapus dengan memakai fitur ini.[190]

Pada 20 Februari 2012, CrypTweet, software enskripsi kunci publik pihak ketiga yang ditulis dalam Python dan beberapa besarnya didanai oleh Shuttleworth Foundation, diluncurkan untuk pemakai Twitter untuk ketenteraman dalam berkirim pesan pribadi.[191][192] Pada 17 Mei 2012, Twitter memberitahukan akan merealisasikan opsi privasi "Do Not Track", fitur pemblokir kuki pada pengembara web Mozilla Firefox. Fitur ini melulu akan bekerja pada situs-situs yang yang telah mengamini layanan tersebut.[193] Pada bulan April 2013, Twitter memperingatkan organisasi berita di semua dunia supaya menyelamatkan akun Twitter mereka menyusul diretasnya sebanyak akun organisasi berita laksana Associated Press dan The Guardian.[194] Pada Mei 2013, Twitter mengenalkan verifikasi login dua-faktor sebagai tahapan pertahanan ekstra terhadap peretasan.[195]

Pada bulan Agustus 2013, Twitter mengenalkan tombol "laporkan penyalahgunaan" di seluruh versi situsnya. Petisi untuk mengadukan keluhan mengenai konten-konten yang melecehkan sukses mengumpulkan lebih dari 100.000 tanda tangan. Langkah ini dilaksanakan setelah dipostingnya kicauan-kicauan kasar, tergolong ancaman pemerkosaan dan pembunuhan, terhadap sejarawan Mary Beard, aktivis feminisme Inggris Caroline Criado-Perez, dan anggota parlemen Inggris Stella Creasy.[196][197][198] Tiga orang diciduk sehubungan dengan insiden ini.[199]

Sumber tersingkap dan layanan lainnya
Secara historis, Twitter telah memakai ataupun mengenalkan perangkat empuk sumber tersingkap dalam proses pengembangan layanannya.[200] Halaman pada arsip pengembang Twitter terdapat berkat puluhan proyek sumber tersingkap yang sudah mereka gunakan, mulai dari perangkat empuk pengendali revisi laksana Git, sampai bahasa pemrograman laksana Ruby and Scala.[201] Perangkat empuk yang diluncurkan dengan kode sumber tersingkap oleh perusahaan, laksana kerangka kerja Gizzard Scala, dipakai untuk membuat penyimpanan data, basis data grafis FlockDB yang terdistribusi, perpustakaan Finagle guna klien dan server RPC, kerangka kerja antarmuka pemakai TwUI untuk iOS, dan pengelola paket klien Bower.[202][203] Pengembangan buku desain web Twitter Bootstrap juga dibuka di Twitter dan adalahrepositori yang sangat populer di GitHub.[204]

t.co ialah layanan penyingkat URL besutan Twitter yang dikenalkan pada 7 Juni 2011.[87][88] Layanan ini melulu tersedia untuk tautan yang diposting ke Twitter, dan tidak tersedia untuk pemakaian umum.[87] Semua tautan yang diposting ke Twitter bakal dipersingkat oleh t.co.[205] Twitter bercita-cita bahwa layanan ini akan dapat melindungi pemakai dari situs-situs berbahaya,[87] dan bakal menggunakannya guna melacak pengeklikan tautan pada kicauan.[87][206]

Pada 1 Juni 2011, Twitter mengenalkan layanan berbagi potret terpadu besutannya. Layanan ini memungkinkan pemakai guna mengunggah potret dan melampirkannya pada kicauan secara langsung dari website Twitter.[207] Pengguna juga dapat menyertakan potret pada penelusuran Twitter dengan teknik menambahkan tagar pada kicauan.[208] Twitter berencana membuat galeri potret yang bermanfaat untuk mengoleksi semua potret yang sudah diunggah oleh pemakai ke Twitter ataupun layanan pihak ketiga laksana Twitpic.[208]
Para demonstran dalam revolusi Mesir 2011. Krisis ini paling kontroversial dan tidak sedikit dibahas di Twitter.
Twitter sudah dimanfaatkan untuk sekian banyak  keperluan dalam sekian banyak  aspek. Sebagai contoh, Twitter dimanfaatkan sebagai sarana protes, kadang-kadang dinamakan dengan "Revolusi Twitter", tergolong dalam revolusi Mesir 2011, protes Tunisia 2010-2011, protes pemilihan umum Iran 2009-2010, dan kerusuhan sipil Moldova 2009.[210] Pemerintah Mesir dan Iran menutup layanan Twitter di negaranya sebagai format pembalasan.[211][212] Pada 28 Februari 2011, surat kabar The Hill mencerminkan Twitter dan media sosial lainnya sebagai "senjata strategis yang memiliki keterampilan untuk menyelaraskan pulang tatanan sosial secara nyata".[213] Selama Arab Spring pada mula 2011, jumlah tagar yang merundingkan pemberontakan di Tunisia dan Mesir meningkat.[214] Studi yang dilaksanakan oleh Dubai School of Government mengejar bahwa melulu 0,26% warga Mesir, 0,1% warga Tunisia, dan 0,04% warga Suriah yang aktif di Twitter.[215]

Twitter pun dimanfaatkan sebagai sarana pembangkangan sipil: pada tahun 2010, pemakai di Inggris mengungkapkan kemarahannya terhadap Twitter Joke Trial dengan membuat lelucon tentang terorisme.[216] Setahun kemudian, masih di negara yang sama, sejumlah selebriti merangsang kontroversi sebab memosting pengakuan anonim, yang sangat terkenal ialah pemain Manchester United Ryan Giggs.[217] Di samping itu, Twitter pun dimanfaatkan sebagai sistem komunikasi terpaksa dalam sekian banyak  peristiwa. Twitter memang tidak dimaksudkan sebagai media komunikasi utama, namun usulan bahwa layanan ini dapat digunakan sebagai sarana komunikasi terpaksa tentu telah dipikirkan oleh pencetusnya;[218] Kepolisian Boston mengabarkan mengenai penangkapan terduga Pemboman Marathon Boston 2013 melewati Twitter.[219] Penggunaan praktis Twitter lainnya yang sedang diteliti ialah kemampuan Twitter guna melacak epidemi dan penyebarannya.[220]

Twitter pun telah diadopsi sebagai perangkat komunikasi dan pembelajaran di lingkungan pendidikan, khususnya di perguruan tinggi dan universitas.[221][222] Studi mengejar bahwa pemanfaatan Twitter dalam perkuliahan dapat membantu murid dalam berkomunikasi, mempromosikan pembelajaran informal, dan menambah partisipasi mahasiswa pemalu.[223][224][225] Pada bulan Mei 2008, The Wall Street Journal mencatat bahwa layanan jejaring sosial laksana Twitter "menimbulkan perasaan campur aduk pada orang-orang cerdas-teknologi yang telah menjadi pemakai dari awal. Pengguna mengaku bahwa Twitter ialah sarana yang bagus guna tetap bersangkutan dengan rekan yang sibuk. Namun sejumlah pemakai kesudahannya mulai merasa 'terlalu' terhubung; mereka mesti menonton pesan "check-in" pada masa-masa yang tidak pantas, tagihan ponsel yang lebih tinggi, dan desakan untuk memberitahu teman supaya berhenti memberitahukan apa yang mereka makan untuk santap malam." [226]

Pada tahun 2007, pengarang teknologi Bruce Sterling berasumsi bahwa memakai Twitter guna berkomunikasi secara harfiah laksana "menembakkan" radio CB dan mendengar sejumlah orang menyimak Iliad".[227] Pada September 2008, dalam editorial The New York Times Magazine, jurnalis Clive Thompson mengaku bahwa pemakaian Twitter telah mengolah narsisme menjadi sesuatu yang "baru, supermetabolis – ekspresi berlebihan dari generasi selebriti – , semua remaja yang percaya bahwa masing-masing ucapan mereka yang unik harus diberikan kepada dunia".[17] Sebaliknya, kolumnis Vancouver Sun, Steve Dotto, berpikir bahwa pesona Twitter terletak pada kendala untuk memublikasikan pesan dalam keterbatasan [karakter].[228] Sedangkan Jonathan Zittrain, profesor hukum Internet di Harvard Law School, berasumsi bahwa "hal-hal yang menciptakan Twitter terlihat konyol dan tidak berbobot | berbobot | berkualitas justru menjadi kekuatannya."[229]

Pada tahun 2009, Nielsen Online mengadukan Twitter mempunyai tingkat retensi pemakai sebesar empat puluh persen. Kebanyakan orang berhenti memakai layanan ini sesudah satu bulan, oleh sebab tersebut Twitter kemungkinan melulu mampu meraih selama sepuluh persen pemakai Internet.[230] Pada 2009, Twitter memenangkan "Breakout of the Year" Webby Award.[231][232] Pada Februari 2009, dalam Weekend Edition, jurnalis Daniel Schorr mengaku bahwa akun Twitter organisasi berita tidak memeriksa kenyataan secara akurat dan perbaikan editorial lainnya. Sebagai tanggapan, Andy Carvin mengindikasikan pada Schorr dua misal berita terkini yang diperbincangkan di Twitter, dan berasumsi bahwa pemakai mengharapkan berita dari akun pemosting-kesatu.[233] Pada tanggal 29 November 2009, Twitter dinobatkan sebagai "Word of the Year" oleh Global Language Monitor, dan mencerminkan Twitter sebagai "bentuk baru interaksi sosial".[234] Majalah Time merilis susunan Time 100 2010 menurut pengaruhnya, tergolong pengaruh di website jejaring sosial populer laksana Facebook dan Twitter. Kumpulan ini berkisar dari Barack Obama dan Oprah Winfrey, sampai Lady Gaga dan Ashton Kutcher.[235][236]

Dalam upacara pendahuluan Olimpiade Musim Panas 2012, berlokasi di Stadion Olimpiade,[237] Sir Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, memosting kicauan: "This is for everyone",[238] yang dipantulkan melewati sebuah lampu LCD ke 80.000 orang di kursi penonton.[237] Berdasarkan keterangan dari analisis akun, 125 kepala negara dan 139 politisi terkemuka di dunia memiliki akun Twitter yang andai digabungkan mempunyai kicauan lebih dari 350.000 dan nyaris 52 juta pengikut. Namun, melulu 30 akun yang mencatat kicauan mereka sendiri, lebih dari 80 akun tidak mengekor politisi lainnya dan beberapa besarnya bahkan tidak mengekor siapapun.[239]

Media mengasumsikan bahwa tagar #wikileaks dan #occupywallstreet disensor oleh Twitter sebab topik ini tidak hadir dalam susunan tren. Twitter menanggapinya dengan mengaku bahwa "kami tidak menyensor tagar kecuali berisi ucapan-ucapan kotor."[240][241][242] Lebih dari dua puluh kardinal Katolik Roma mempunyai akun Twitter yang aktif,[243] sembilan di antaranya ialah kardinal elektor dalam Konklaf Kepausan 2013.[244] Twitter pun menyebabkan pemakaian TV menjadi lebih interaktif.[245] Efek ini terkadang dinamakan dengan "pendingin air virtual" atau "televisi sosial.[246] Twitter sukses mendorong orang-orang supaya menyaksikan acara siaran langsung televisi, laksana Oscars, Super Bowl,[247] dan MTV Video Music Awards; tetapi strategi ini tidak cukup efektif pada acara-acara TV terjadwal.[248] Pada April 2013, akun Associated Press diretas, mengadukan bahwa Presiden AS Barack Obama terluka dalam suatu serangan di Gedung Putih. Saham perusahaan ini merosot mendadak $134 juta, dan nilainya pulang ke semula sesudah diketahui bahwa laporan itu palsu.[249]

Komentar

Postingan Populer