KURSUS KOMPUTER DI CIREBON (I-TECH) | KULIAH KOMPUTER DI CIREBON (I-TECH) | Kursus Di Cirebon ROSTIKA:46 PM No comments KURSUS KOMPUTER DI cirebon (I-TECH) | KULIAH KOMPUTER DI cirebon (I-TECH)
KURSUS KOMPUTER DI CIREBON (I-TECH) | KULIAH KOMPUTER DI CIREBON (I-TECH) | Kursus Di Cirebon
ROSTIKA:46 PM No comments
KURSUS KOMPUTER DI cirebon (I-TECH) | KULIAH KOMPUTER DI cirebon (I-TECH)
biaya kursus komputer
Cara Menentukan Biaya Kursus Komputer
Bagaimana kiat menilai biaya kursus komputer? Biasanya pengelola yang baru membuka kursus komputer akan bertanya seperti itu. Kemudian mencoba menghitung segala bentuk kebutuhan kursus (biaya yang dikeluarkan), sesudah menemukan angka biaya yang dikeluarkan kemudian menambahkan angka untuk nominal laba, baru jadi harga biaya kursus yang akan disebutkan kepada calon peserta kursus.
Cara tersebut, tidak salah, dan memang proses penentuan biaya kursus dapat dilaksanakan laksana itu. Setidaknya ada tiga kiat dalam menilai harga dalam pemasaran, yaitu;
1). Penetapan harga menurut keterangan dari biaya, dalam ilmu ekonomi disebut cost based pricing. Cara ini seperti yaitu dengan menghitung seluruh keperluan ongkos yang dikeluarkan untuk setiap satuan produk, kemudian ditambahkan dengan deviden | laba / laba yang dikehendaki.
2). Menentukan harga menurut keterangan dari harga kompetitor. Cara menilai harga dengan teknik ini yaitu dengan teknik menyaksikan harga produk yang dijual kompetitor sebagai referensi, bila di tempat anda ada sebanyak lembaga kursus silahkan cek satu-satu harga produk kursus yang mereka jual. Kalau sudah diketahui masing-masing harga jual prduk tersebut, anda tinggal menilai harga produk anda, dapat memasarkan dengan harga yang sama dengan kompetitor, atau lebih murah (jika berkeinginan mendapatkan tidak tidak banyak konsumen).
3). Cara yang ketiga merupakan, penentuan harga menurut keterangan dari permintaan (demand-based pricing). Untuk pengambilan keputusan harga produk menggunakan teknik ini, anda harus survey dahulu produk apa yang paling disukai konsumen, semakin tidak tidak banyak konsumen yang meminati suatu produk anda maka kamu dapat menilai standar harganya.
Dari ketiga kiat diatas, menurut penjelasan dari admin, kiat yang kesatulah yang paling objektif dalam menilai besaran harga produk kursus komputer, yaitu penetapan harga menurut keterangan dari biaya, dalam ilmu ekonomi disebut cost based pricing.
Cost push Pricing method / harga biaya plus
Untuk penentuan harga menggunakan cost based pricing ini ada tiga pendekatan, yang kesatu yaitu dengan cost push priching method, mark up, dan break even. Dari ketiga pendekatan, yang paling memungkinkan untuk proses menilai harga produk krusus komputer merupakan pendekatan cost push pricing method.
Cara menilai harga dengan teknik cost push pricing method merupakan, dengan menghitung jumlah biaya produksi kemudian ditambahkan dengan nilai deviden | laba yang diinginkan atau biasa disebut margin.
Rumusnya:
Harga Jual=Modal (Biaya Produksi)+Laba
Jika diterapkan kedalam proses pengambilan keputusan dalam menilai harga kursus disuatu lembaga, kira-kira pemisalannya seperti ini;
Anda memiliki lembaga kursus, berkeinginan menjual paket kursus Microsoft Word untuk 8 kali pertemuan. Maka untuk menilai harga paket kursus tersebut anda harus menghitung biaya produksi, apa saja biaya produksinya? Silahkan anda menilai sendiri, apa-apa saja yang dikatergorikan biaya produksi untuk penjualan produk kursus MS Word tersebut. Misalnya yang jelas-jelas saja dulu antara lain:
tutor per pertemuan Rp.25.000 x 8 kali=Rp.200.000;
persentasi biaya listrik bila diakumulasi untuk 8 pertemuan misalnya mencapai Rp.80.000;
modul komputer Rp.100.000,
biaya perlengkapan (komputer) Rp.100.000;
biaya ujian dan sertifikat Rp. 200.000;
dan iuran gedung (kalo mau dimasukan persentasinya) misalnya Rp.100.000;
Kalau ditotal semua biaya produksi diatas, mencapai Rp. 780.000;
Sekarang tinggal ditambahkan dengan jumlah laba yang diinginkan, misalnya laba yang diharapkan ialah Rp.300.000;
Maka kini kamu dapat menilai besaran harga paket kursus komputer Microsoft Word tersebut sebesar Rp.1.080.000; (satu juta delapan puluh ribu)
Komentar
Posting Komentar