Di Cirebon PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK | KURSUS KOMPUTER DI CIREBON I-TECH COURSE PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK | KURSUS KOMPUTER DI CIREBON I-TECH COURSE

 Di Cirebon  PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK | KURSUS KOMPUTER DI CIREBON I-TECH COURSE
PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK | KURSUS KOMPUTER DI CIREBON  I-TECH COURSE



Lampung
ITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111Telp. (0725) 44430HP. 0853 57000 144WA. 0821 77066 400

Jawa Barat
1. Nurul fikri & Indonesian technology,No., Jl. Setu Indah No.116, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 164512. Kampus Indonesian technology & Citra telematikaJl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, JatiwangiKab. MajalengkaTelp. (0233) 8281236HP. 085216667297email : info@citra-telematika.com


Jawa Tengah
Kampus Elmuna & indoneisan technology  JL Soka-Pertanahan, Km 6 No. 10, Klirong, Plumbon, Klegenwonosari, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54381 Cs telp dan WA 087737953747 /087837973541Telepon: (0287) 5505077


Kursus Komputer Di Cirebon I-TECH COURSE- Facebook merupakan sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pemakai aktif,[8] lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.[9] Pengguna harus meregistrasi sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pemakai dapat membuat profil pribadi, menambahkan pemakai lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Di samping itu, pemakai dapat bergabung dengan grup pemakai dengan ketertarikan yang sama, diurutkan menurut tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam susunan laksana "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.[10] Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri guna mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia sangat tidak 13 tahun. Meski begitu, menurut penjelasan dari survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.[11]

Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang sangat tidak sedikit dipakai menurut penjelasan dari jumlah pemakai aktif bulanan di seluruh dunia.[12] Entertainment Weekly menempatkannya di rangkaian "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana metodenya anda menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?"[13] Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011.[14] Berdasarkan penjelasan dari Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook.[15] Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pemakai aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.[16]

Nama layanan ini berasal dari nama buku yang di berikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh sebanyak pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia sangat tidak 13 tahun menjadi pemakai terdaftar di situs ini.[17]


Daftar isi
1 Sejarah
2 Perusahaan
3 Situs web
4 Penerimaan
5 Kritik
6 Dampak politik
7 Di media
8 Lihat pula
9 Catatan
10 Referensi
11 Pranala luar
Sejarah
!Artikel utama untuk bagian ini merupakan: Sejarah Facebook dan Garis waktu Facebook
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, pada tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Berdasarkan penjelasan dari The Harvard Crimson, situs ini serupa dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pemakai memilih yang mana yang paling seksi".[18][19]


Mark Zuckerberg menolong membuat Facebook di kamar asramanya di Harvard.
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menulis gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.[18][20]

Situs ini langsung diteruskan ke sebanyak server grup kampus,tetapi dimatikan sebanyak hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan.[21] Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar.[20] Ia membuka website itu untuk rekan sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode guna website web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash.[22] Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg memperkenalkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.[23]

Enam hari sesudah website ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial memiliki nama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan usulan mereka untuk membuat sebuah produk saingan.[24] Ketiganya mengeluh guna Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut menyampaikan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.[25]

Keanggotaan tadinya diberi batas untuk mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan kesatu, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini.[26] Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale.[27] Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan sebanyak universitas di Kanada dan Amerika Serikat.[28][29]

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran guna Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan.[30] Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California.[27] Perusahaan ini menerima investasi kesatunya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.[31] Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah mengerjakan pembelian nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.[32]

Pengguna aktif[N 1]
Tanggal Pengguna
(juta) Jeda hari Pertumbuhan bulanan[N 2]
26 Agustus 2008 100[33] 1.665 178.38%
8 April 2009 200[34] 225 13.33%
15 September 2009 300[35] 160 9.38%
5 Februari 2010 400[36] 143 6.99%
21 Juli 2010 500[37] 166 4.52%
5 Januari 2011 600[38][N 3] 168 3.57%
30 Mei 2011 700[39] 145 3.45%
22 September 2011 800[40] 115 3.73%
24 April 2012 900[41] 215 1.74%
Facebook memperkenalkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dialami Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya.[42] Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung.[43] Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya guna karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft.[44] Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 untuk masing-masing orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.[45][46]

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah mengerjakan pembelian 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 miliar.[47] Pembelian oleh Microsoft ini merangkum hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.[48] Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.[49] Bulan September 2009, Facebook menyebutkan bahwa mereka menikmati arus kas positif untuk pertama kalinya.[50] Bulan November 2010, menurut penjelasan dari SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 miliar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon.[51] Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.[52]

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.[53]

Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas sekian tidak sedikit macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakai di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.[54]

Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampus Sun Microsystems di Menlo Park, California.[55][56]

Statistik DoubleClick mengindikasikan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang sangat tidak tidak banyak dikunjungi di dunia.[57] Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Berdasarkan penjelasan dari studi Nielsen Media Research yang dikenalkan bulan Desember 2011, Facebook merupakan situs web yang sangat tidak tidak banyak diakses kedua di Amerika Serikat.[58]

Pada bulan Maret 2012, Facebook memperkenalkan App Center, sebuah toko bergerak daring yang memasarkan software yang terhubung dengan Facebook. Toko ini ada untuk pemakai web bergerak iPhone, Android.[59] Pada bulan April, Facebook melakukan pembelian software Instagram dengan nilai US$1 ($107 tahun 2019) miliar.[60]

Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial.[61]

Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah.[62] Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara.[63] IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat.[64][65] Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal volume perdagangan IPO.[66] Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan untuk semua pemegang saham.[67]

Perusahaan

Pintu masuk ke kantor pusat Facebook di Stanford Research Park, Palo Alto, California.
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft merupakan rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk,[68] dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft. Berdasarkan penjelasan dari comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, tetapi tidak banyak tidak lumayan dari Yahoo!.[69] Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pemakai.[70] Pada 6 November 2007, Facebook memperkenalkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan untuk rekan pemakai memakai teknik "apa yang dibeli teman".

Facebook umumnya mempunyai tingkat klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs web besar lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook bila dibandingkan dengan Web secara keseluruhan.[71] Ini berarti bahwa persentase kecil pemakai Facebook mengklik iklan lebih tidak tidak banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pemakai Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta pencarian),[72] sementara pemakai Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400 klik untuk setiap satu juta halaman).[73]

Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan hendak menurun dalam dua minggu.[74] Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, bila dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook tetapi masih rendah dibandingkan dengan situs web lain. Penjelasan untuk tingkat klik Facebook yang rendah merupakan bahwa pemakai Facebook lebih cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk menyembunyikan iklan, pemakainya lebih muda dan lebih pintar dalam mengabaikan pesan iklan. Di MySpace, pemakai menghabiskan lebih tidak tidak banyak waktu menjelajahi isinya, sementara di Facebook, pemakai menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan perhatian mereka teralihkan dari iklan.[75]

Pendapatan
(diperkirakan, dalam juta US$)
Tahun Pendapatan Pertumbuhan
2006 $52[76] —
2007 $150[77] 188%
2008 $280[78] 87%
2009 $775[79] 177%
2010 $2.000[80] 158%
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding.[81] Involver, sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008 bahwa mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien kesatunya, Serena Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta tampilan menjadi 8,000 kunjungan ke situs mereka.[82] Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40% pemakai yang menonton video tersebut menyaksikan keseluruhannya, sementara rata-rata industri merupakan 25% untuk iklan video spanduk.[83]

Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara.[84] Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%,[85] Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 - 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group tidak lumayan dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing mempunyai tidak lumayan dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D'Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus memiliki kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing.[86] Adam D'Angelo, kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.[87]

Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau mengumumkan "pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.[88]

Situs web
!Artikel utama untuk bagian ini merupakan: Fitur Facebook dan Facebook Platform

Logo Facebook dari tanggal 23 Agustus 2005 hingga 1 Juli 2015

Halaman utama Facebook menampilkan lembar isian log masuk di kanan atas untuk pemakai terdaftar, dan lembar isian pencatatan di bawahnya untuk pengunjung baru.
Pengguna dapat membuat profil dilengkapi foto, rangkaian ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna dapat berkomunikasi dengan teman dan pemakai lain melalui pesan pribadi atau umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu disebut "halaman penggemar" hingga 19 April 2010), sebanyak di antaranya diurus oleh tidak tidak banyak organisasi dengan maksud beriklan.[89]

Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan pemakai mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat menonton bagian-bagian tertentu dari profil mereka.[90] Situs web ini gratis untuk pemakai dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk.[91] Facebook membutuhkan nama pemakai dan foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh setiap orang. Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat menonton informasi yang mereka bagikan, juga menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi.[92]


Profil Facebook tahun 2011.
Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara kedua situs tersebut merupakan tingkat kustomisasinya.[93] Perbedaan lainnya merupakan persyaratan Facebook agar pemakai dapat mengatur identitas asli mereka, dan tahapan itu tidak diterapkan di MySpace.[94] MySpace mengizinkan pemakai mendekorasi profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style Sheets (CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah.[95] Facebook memiliki sejumlah fitur yang dapat berinteraksi dengan pemakai. Salah satunya merupakan Dinding, kotak di setiap halaman profil pemakai yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan guna pemakai tersebut;[96] Colek, yang memungkinkan pemakai mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain (pemberitahuan memberitahu pemakai bahwa mereka telah dicolek);[97] Foto, tempat pemakai dapat mengunggah album dan foto;[98] dan Status, yang memungkinkan pemakai untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan mereka saat itu.[99] Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang dapat menonton sebuah profil pemakai bisa pun menyaksikan Dinding pemakai. Bulan Juli 2007, Facebook mulai mengizinkan pemakai mengirimkan lampiran di Dinding, berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.[96]


Antarmuka pemakai grafis Facebook pada telepon genggam
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan yang ditempatkan di setiap halaman utama pemakai dan memberitahukan informasi seperti perubahan profil, acara berikutnya, dan ulang tahun teman pemakai.[100] Hal ini memungkinkan pengirim spam dan pemakai lain memainipulasi fitur-fitur tersebut dengan membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi menarik perhatian ke profil atau kampanye tersebut.[101] Awalnya, News Feed memunculkan ketidakpuasan di antara pemakai Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh karena terlalu berantakan dan penuh dengan informasi yang tidak perlu, sementara pemakai lain memandangnya gampang untuk pemakai untuk melacak pekerjaan seseorang (seperti perubahan status hubungan, acara, dan percakapan dengan pemakai lain).[102]

Sebagai respon, Zuckerberg mengirimkan permintaan maafnya atas kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur privasi yang dapat diatur sendiri. Sejak itu, pemakai mulai mendapat kontrol terhadap jenis-jenis informasi apa saja yang dapat diserahkan secara otomatis guna teman. Sekarang pemakai dapat menangkal sekelompok teman menonton pembaruan aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan teman yang baru ditambahkan.[103]

Tanggal 23 Februari 2010, Facebook di berikan paten[104] terhadap serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed ketika pranala dikirimkan sehingga satu pemakai dapat berpartisipasi dalam pekerjaan yang sama seperti pemakai lain.[105] Paten ini mendorong Facebook untuk mengambil tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, seperti Twitter.[106]

Salah satu software sangat populer di Facebook merupakan Foto, tempat pemakai dapat mengunggah album dan foto.[107] Facebook mengizinkan pemakai untuk mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, dibandingkan layanan penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr yang membatasi jumlah foto yang dapat diunggah seseorang. Pada tahun-tahun kesatunya, pemakai Facebook dibatasi untuk mengunggak 60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan menjadi 200 foto per album.[108][109][110][111]

Pengaturan privasi dapat diatur untuk album individu yang membatasi kelompok pemakai yang dapat melihatnya. Misalnya, privasi suatu album diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman pemakai yang bisa melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga semua pemakai Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto merupakan kemampuannya untuk "tag", atau menandai pemakai di sebuah foto. Misalnya, bila sebauh foto berisi seorang teman pemakai, maka pemakai dapat menandai temannya di foto tersebut. Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan untuk rekan yang ditandai dan memberikan mereka tautan guna menyaksikan potret tersebut.[112]


Profil The Facebook tahun 2005

Profil Facebook tahun 2007
Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah fitur blog yang mengizinkan tag dan penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain.[45] Sepanjang minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instan berbasis Comet[113] memiliki nama "Chat" ke sejumlah profil,[114] yang mengizinkan pemakai berkomunikasi dengan teman dan fungsinya sama seperti pengantar pesan instan berbasis desktop.

Facebook memperkenalkan Gifts pada 8 Februari 2007 yang memungkinkan pemakai mengirimkan hadiah virtual guna temannya yang muncul di profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat disertakan pada setiap hadiah.[115][116] Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan Marketplace, yang memungkinkan pemakai mengirimkan iklan pendek gratis.[117] Marketplace telah dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET, yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara dua-duanya ialah susunan yang dikirimkan pemakai di Marketplace melulu dapat disaksikan oleh pemakai yang berada di jaringan yang sama seperti pemakai tersebut, sedangkan susunan yang dikirimkan di Craigslist dapat ditonton oleh semua orang.[118]

Tanggal 20 Juli 2008, Facebook memperkenalkan "Facebook Beta", yaitu desain ulang antarmuka pemakainya pada sebanyak jaringan. Mini-Feed dan Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka berusaha untuk membuatnya terlihat lebih "sederhana".[119] Setelah awalnya memberi pemakai opsi guna pindah, Facebook mulai memindahkan semua pemakai ke versi halaman baru pada September 2008.[120] Tanggal 11 Desember 2008, diumumkan bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.[121]

Tanggal 13 Juni 2009, Facebook memperkenalkan fitur "Usernames", yaitu halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan URL yang lebih simpel seperti http://www.facebook.com/facebook dibandingkan dengan http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728.[122] Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang resmi diluncurkan untuk iPhone OS, Android OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion meluangkan software Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pemakai aktif mengakses Facebook melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200 operator di 60 negara.

Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan "Facebook Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan, "memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel @facebook.com, tetapi tersebut bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada semua pemakai situs tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel, dan pesan reguler, dan akan merangkum pengaturan privasi sama seperti layanan Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook Messages memakan 15 bulan dalam pengembangannya.[123][124]

Penerimaan
Berdasarkan penjelasan dari comScore, Facebook merupakan situs jaringan sosial terdepan menurut keterangan dari jumlah pengunjung bulanan dan mengalahkan pesaing utamanya, MySpace pada April 2008.[125] ComScore melaporkan bahwa Facebook menarik 130 juta pengunjung pada Mei 2010, sebuah peningkatan sebesar 8,6 juta orang.[126] Berdasarkan penjelasan dari Alexa, peringkat Facebook di antara seluruh situs web menurut penjelasan dari kemudian lintas dunia naik dari 60 ke 7 mulai September 2006 hingga September 2007, dan saat ini peringkat ke-2 tertinggi di dunia.[127] Quantcast[128] dan Compete.com[129] menempatkan Facebook pada peringkat ke-2 menurut penjelasan dari kemudian lintas di AS. Situs web ini merupakan yang paling populer untuk mengunggah foto, dengan total 50 miliar unggahan foto.[130] Tahun 2010, Sophos "Security Threat Report 2010" menggarap pemungutan suara dari 500 firma, 60% di antaranya menyebutkan bahwa mereka percaya Facebook merupakan jaringan sosial yang memiliki ancaman keamanan terbesar dibandingkan MySpace, Twitter, dan LinkedIn.[70]

Facebook merupakan salah satu situs jaringan sosial paling populer di sejumlah negara penutur bahasa Inggris, termasuk Kanada,[131] Britania Raya,[132] dan Amerika Serikat.[133][134][135][136] Pada pasar Internet regional, penetrasi Facebook tertinggi ada di Amerika Utara (69%), diikuti Timur Tengah-Afrika (67%), Amerika Latin (58%), Eropa (57%), dan Asia-Pasifik (17%).[137]

Situs ini telah memenangkan sekian tidak sedikit penghargaan seperti "Top 100 Classic Websites" oleh PC Magazine tahun 2007,[138] dan "People's Voice Award" dari Webby Awards tahun 2008.[139] Dalam studi tahun 2006 yang dilakukan Student Monitor, sebuah perusahaan riset pasar mahasiswa perguruna tinggi yang berbasis di New Jersey, Facebook disebut sebagai hal yang paling populer kedua salah satu semua sarjana, sejajar dengan bir dan tidak lumayan populer dibandingkan iPod yang menempati peringkat kesatu.[140]

Bulan Maret 2010, Hakim Richard Seeborg mengeluarkan perintah menyetujui penyelesaian kelompok dalam persoalan Lane v. Facebook, Inc., tuntutan hukum kelompok yang hadir sebab program Facebook Beacon.

Tahun 2010, Facebook memenangkan "Best Overall Startup or Product" dari Crunchie untuk ketiga kalinya secara berturut-turut[141] dan ditetapkan sebagai salah satu "Perusahaan Silicon Valley Terbaik" oleh Lead411.[142] Tetapi, menurut penjelasan dari survei bulan Juli 2010 oleh American Customer Satisfaction Index, Facebook mengejar skor 64 dari 100 dan menempatkannya di bawah dari seluruh perusahaan swasta menurut penjelasan dari kepuasan pelanggan, bersama industri-industri seperti sistem berkas elektronik IRS, maskapai penerbangan dan perusahaan kabel. Alasan Facebook mendapat skor rendah yaitu masalah privasi, sering berubahnya antarmuka situs, hasil yang di berikan News Feed, dan spam.[143]

Bulan Desember 2008, Mahkamah Agung Teritori Ibu Kota Australia mengeluarkan aturan bahwa Facebook merupakanprotokol yang sah untuk melayani pemberitahuan pengadilan guna terdakwa. Ini merupakanpengadilan hukum pertama di dunia yang menyimpulkan bahwa panggilan pengadilan yang dikirimkan melalui Facebook merupakan ikatan hukum.[144] Bulan Maret 2008, hakim pembantu Pengadilan Tinggi Selandia Bru, David Glendall mengizinkan pelayanan berkas hukum Craig Axe oleh perusahaan Axe Market Garden dilakukan melalui Facebook.[145] Perusahaan (seperti Virgin Atlantic Airways) pun memakai Facebook dengan maksud agar tetap terhubung dengan karyawan mereka dan pernah memecat karyawan karena kiriman mereka.[146]

Pada 2005, pemakaian Facebook sudah sangat meluas sehingga kata kerja facebooking mulai digunakan untuk mengaku proses pencarian profil seseorang atau memperbarui profil diri sendiri.[147] Bulan 2008, Collins English Dictionary mengumumkan "Facebook" sebagai Kata Tahun Ini.[148] Bulan Desember 2008, New Oxford American Dictionary mengumumkan kata tahun ini merupakan kata kerja "unfriend" yang didefinisikan sebagai "Menghapus seseorang sebagai 'teman' di suatu website jaringan sosial seperti Facebook. Misalnya, 'I decided to unfriend my roommate on Facebook after we had a fight.'"[149]

Pada April 2010, menurut penjelasan dari The New York Times, negara yang memiliki pemakai Facebook terbanyak merupakan Amerika Serikat, Britania Raya dan Indonesia.[150] Indonesia telah menjadi negara dengan jumlah pemakai Facebook terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan 24 juta pemakai atau 10% dari total penduduk Indonesia.[151] Pada awal 2010, Openbook didirikan, suatu website web parodi (dan advokasi pribadi)[152] yang memungkinkan pencarian berbasis teks terhadap kiriman-kiriman Dinding yang terdapat untuk "Semua orang" di Internet.

Penulis The Wall Street Journal memburu pada 2010 bahwa aplikasi Facebook mengirimkan informasi identifikasi guna "lusinan perusahaan periklanan dan pelacakan Internet". Aplikasi tersebut menggunakan referer HTTP yang menyampaikan identitas pemakai dan teman-temannya. Facebook mengatakan, "Kami telah menggarap tindakan untuk mematikan seluruh software yang melanggar peraturan kami".[153]

Kritik
Facebook telah menghadapi sekian tidak sedikit kontroversi. Situs ini telah diblokir di sebanyak negara termasuk Republik Rakyat Tiongkok,[154] Vietnam,[155] Iran,[156] Uzbekistan,[157] Pakistan[158] Suriah,[159] dan Bangladesh atas alasan yang berbeda-beda. Misalnya karena anti-Islam dan konten diskriminasi agama yang diizinkan oleh Facebook, situs ini dilarang di tidak tidak banyak negara di dunia. Di samping itu, Facebook juga dilarang di sebanyak perkantoran untuk mencegah karyawan membuang-buang waktu.[160] Privasi pemakai Facebook juga dipermasalahkan dan keamanan akun pemakai sudah dimasuki sejumlah kali. Facebook sukses menuntaskan tuntutan hukum mengenai klaim kode sumber dan properti intelektual.[161]

Dampak politik

Panggung debat Facebook – Saint Anselm College tahun 2008.
Peran Facebook pada proses politik Amerika Serikat muncul pada Januari 2008 sesaat sebelum Pendahuluan New Hampshire, ketika Facebook bersama ABC dan Saint Anselm College bekerjasama untuk mengizinkan pemakai memberi umpan balik langsung mengenai debat antara Partai Repbulik dan Demokrat tanggal 5 Januari.[162][163][164] Charles Gibson menjadi moderator debat yang diadakan di Dana Center for the Humanities di Saint Anselm College. Pengguna Facebook turut berpartisipasi dalam grup debat yang diatur menurut keterangan dari topik tertentu, meregistrasi guna memilih, dan mengirim pertanyaan.[165]

Lebih dari 1.000.000 orang menginstal aplikasi 'US politics' di Facebook agar dapat berpartisipasi, dan aplikasi ini mengukur respon pemakai terhadap komentar tertentu yang dilontarkan oleh kandidat debat.[166] Debat ini mengindikasikan untuk komunitas masyarakat tentang apa yang telah dialami remaja saat ini: Facebook ialah teknik baru yang sangat populer dan kuat untuk berinteraksi dan menyuarakan pendapat. Artikel yang ditulis Michelle Sullivan di Uwire.com mengilustrasikan bagaimana "efek Facebook" telah memengaruhi tingkat suara remaja, mendukung kandidat politik muda, dan keterlibatan umum populasi remaja pada pemilu 2008.[167]

Pada Februari 2008, sebuah grup Facebook memiliki nama "One Million Voices Against FARC" mengadakan acara yang dihadiri ratusan ribu penduduk Kolombia yang memrotes Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, dikenal sebagai FARC (dari kepanjangannya yang berbahasa Spanyol).[168] Bulan Agustus 2010, salah satu situs pemerintah sah Korea Utara, Uriminzokkiri, bergabung dengan Facebook.[169]

Tahun 2010, seorang direktur kesehatan masyarakat Inggris yang memimpin staf untuk meneliti sifilis, mempertautkan dan menyalahkan eskalasi permasalahan sipilis di sejumlah wilayah Britania guna Facebook. Laporan penelitian ini dikecam oleh Facebook karena "mengabaikan perbedaan antara korelasi dan kausalitas."[170]

Di media
Wikinews memiliki berita news involving Facebook:
Bloggers investigate social networking websites
News services and World Wide Web companies increase Persian language services after Iranian presidential election
Pada usia 102 tahun, Ivy Bean dari Bradford, Inggris bergabung dengan Facebook pada usia 108 tahun dan menjadikannya salah satu orang tertua yang terdaftar di Facebook. Sebagai ilham untuk penghuni panti jompo tempat ia tinggal,[171] ia langsung dikenal luas dan sejumlah halaman penggemar dibuat untuk menghormatinya. Ia menjumpai Perdana Menteri Gordon Brown dan istrinya, Sarah, di Downing Street pada awal 2010.[172] Beberapa saat setelah membuat halaman Facebook-nya, Bean bergabung dengan Twitter ketika ia mencapai batas jumlah teman yang ditetapkan Facebook. Ia menjadi orang tertua yang menggunakan Twitter. Pada kematiannya bulan Juli 2010, ia memiliki 4.962 teman di Facebook dan lebih dari 56.000 pengikut di Twitter. Kematiannya dilaporkan secara luas di media dan ia menerima penghormatan dari sejumlah tokoh media terkenal.[173]
"FriendFace", episode bulan Desember 2008 dari sebuah sitkom Britania, The IT Crowd, memparodikan Facebook dan situs-situs jejaring sosial secara umum.[174]
Penulis Amerika Serikat, Ben Mezrich menerbitkan buku pada Juli 2009 mengenai Mark Zuckerberg dan pendirian Facebook yang berjudul The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal.[175]
Sebagai respon terhadap kontroversi Everybody Draw Mohammed Day dan dilarangnya Facebook di Pakistan, situs Facebook versi Islam diciptakan dan diberi nama MillatFacebook.[176]
"You Have 0 Friends", salah satu episode bulan April 2010 dari serial animasi komedi Amerika Serikat, South Park, memparodikan Facebook.[177]
The Social Network, film drama yang disutradarai David Fincher mengenai pendirian Facebook dikenalkan tanggal 1 Oktober 2010.[178] Film ini menunjukkan pemain ensembel yang terdiri dari Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg, Andrew Garfield sebagai Eduardo Saverin, Justin Timberlake sebagai Sean Parker, dan Armie Hammer sebagai Cameron dan Tyler Winklevoss. Film ini ditulis oleh Aaron Sorkin dan diadopsi dari buku karya Ben Mezrich tahun 2009, serta didistribusikan oleh Columbia Pictures. Tidak ada anggota staf Facebook, termasuk Zuckerberg, yang terlibat dalam proyek ini. Namun, salah satu pendiri pendamping Facebook, Eduardo Saverin, merupakan narasumber untuk kitab Mezrich. Mark Zuckerberg menyebutkan bahwa The Social Network tidak akurat.


Share:
Email This
BlogThis!
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Pinterest
Related Posts:


PENGERTIAN INTERNET | KURSUS KOMPUTER DI KEBUMEN (I-TECH) | KURSUS KOMPUTER DI MAJALENGKA

PENGERTIAN DAN FUNGSI WWW ( WORLD WIDE WEB ) | KURSUS KOMPUTER DI MAJALENGKA I-TECH COURSE

PENGERTIAN E-MAIL, DAN KOMPONENNYA | KURSUS KOMPUTER DI MAJALENGKA I-TECH COURSE

PENGERTIAN DAN DEFINISI DEEP WEB | KURSUS KOMPUTER DI Majalengka (I-TECH) | KURSUS KOMPUTER DI Majalengka

PENGERTIAN WEB DAN JENISNYA | KURSUS KOMPUTER DI Majalengka (I-TECH) | KURSUS KOMPUTER DI Majalengka
Older Post → Home
No comments:

Post a Comment







ABOUT ME


Ananda Pratama
View my complete profile
Saya lahir pada tanggal 06-agustus-2001 (Metro,Indonesia), Saya masuk SD pada tahun 2008-2014(Metro,Indonesia), Saya melanjut ke SMP pada tahun 2014-2017(Metro,Indonesia), Setelah lulus saya melanjut di sekolah di SMK ISLAM BINA KHALIFAH BANGSA METRO, Saya mengambil jurusan TKJ Pada 2017 Dan saya sekarang masih duduk di kelas XI
POPULAR
TAGS
BLOG ARCHIVES


POPULAR POSTS


Tempat Kursus Komputer Murah | Tempat Khursus Komputer Murah & Terbaik Di Majalengka (ItechCourse)
Tempat Khursus Komputer Murah & Terbaik Di Majalengka (ItechCourse) Sedang mencari daerah daerah kursus komputer terbaik di ind...

Tempat Kursus Murah|Private Autocad Sketchup
KURSUS AUTOCAD SKETCHUB   Kursus Private Autocad Sketchup 3ds Max Vray Rendering Cirebon Tegal Semarang Jakarta Depok Malang Surabaya Su...

Tempat kursus Murah|Kursus Desaign Grafis Di Majalengka
KURSUS DESAIGN GRAFIS DI MAJALENGKA  Kursus Desain Grafis di Majalengka, Hubungi : 0813 2055 1098, Dipandu Sampai Mahir Kursus Meliputi :...




MY BLOG LIST

ITechcourse
LULUS LANGSUNG KERJA Program PROFESI 1 TAHUN setara D1

jam tangan bonia
Cincin Kawin | Telukbetung Utara | Bandar Lampung | Lampung

cincin kawin | jewellery | cincin Tunangan | cincin couple | cincin emas
CINCIN KAWIN PURWARKATA JAWA BARAT | JEWELLERY

KURSUS DI MAJALENGKA
PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK | KURSUS KOMPUTER DI MAJALENGKA I-TECH COURSE

Kursus Komputer Di Kebumen I-TECH COURSE | Kuliah Jurusan Komputer Di Kebumen

Cincin Kawin Depok
Cincin Single | Telukbetung Utara | Bandar Lampung | Lampung

jual cincin tunangan emas bekasi
cincin tunangan Jatiasih, Bekasi

Jual Cincin Tunangan Emas Jakarta
cincin tunangan tanah abang jakarta

Cincin Tunangan
cincin tunangan banyumas jawa tengan

Jual Cincin tunangan Emas Lampung | cincin tunangan lampung | jual cincin tunangan metro lampung
jual cincin tunangan metro lampung perak

Jual Cincin Tunangan Emas Depok
cincin kawin Curug depok jawa barat

Kesehatan Wanita
Wanita Usia 40 Tahun ke Atas Perlu Konsumsi “8 Jenis Makanan” | Kesehatan Wanita

Wedding Organizer Metro Murah
Wedding Organizer Murah | Wedding Organizer Murah Di Metro | wedding organizer metro lampung | Cara Tepat Memilih Wedding Organizer Terpercaya

Jual Sepatu Murah Original tanggerang
jual sepatu boost wanita tanggerang

Jual Obat Kuat Pria Alami
jual obat kuat pria murah

Jual Sepatu murah Lampung
jual sepatu adidas Johar Baru, Jakarta Pusat

Berita Lampung Tengah Terkini
sman 1 kota gajah mendapat juara di korea

zombe12
Obat Kuat jakarta

Cincin Tunangan
Cincin Tunangan Asmat

Cincin Tunangan
Cincin Tunangan Asmat

JUAL KOMPUTER MURAH
Jual Komputer Murah | Jual Komputer Murah Surabaya | GAMEPAD GRIP for Smartphone

jam tangan bershka
jam tangan bershka

Jam Tangan
Jam Tangan

Jam Tangan
Jam Tangan

jual jilbab
The quest for the cup: Down Under. #BleedBlue #Team India

jual baju
Tempat Mobil Bekas dan Baru Jakarta hari ini

jual sepatu

jam tangan b.u.m equipment

Jual Sepatu Branded Murah tanggerang | Your Blog Description

jam tangan

jual cincin salatiga

tayotinggi

jual cincin emas

jual kaca mata

jual jam tangan bagus

asek
BLOG ARCHIVE

▼ 2019 (80)
▼ February (35)
PENGERTIAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK | KURSUS KOMPUTER...
DEFINISI DARI EMAIL MARKETING | KURSUS KOMPUTER DI...
PENGERTIAN E-MAIL, DAN KOMPONENNYA | KURSUS KOMPUT...
PENGERTIAN DAN FUNGSI WWW ( WORLD WIDE WEB ) | KUR...
PENGERTIAN INTERNET | KURSUS KOMPUTER DI KEBUMEN (...
PENGERTIAN WEB DAN JENISNYA | KURSUS KOMPUTER DI M...
PENGERTIAN DAN DEFINISI DEEP WEB | KURSUS KOMPUTER...
PENGERTIAN VPN ( VIRTUAL PRIVATE NETWORK ) | KURSU...
PENGERTIAN DAN JENIS - JENIS TOPOLOGI JARINGAN | K...
MACAM MACAM PERANGKAT JARINGAN | KURSUS KOMPUTER D...
KECERDASAN BUATAN ( ARITIFICIAL INTELEGENT ) | KUR...
PENGERTIAN HYPERLINK | KURSUS KOMPUTER DI MAJALENG...
PENGERTIAN HOMEPAGE & FUNGSI HOMEPAGE | KURSUS KOM...
APAKAH URL ITU? PENGERTIAN URL | KURSUS KOMPUTER |...
Kursus Komputer Di Majalengka ( Indonesian Technol...
PENGERTIAN WIFI | KOMPUTER DI MAJALENGKA I-TECH CO...
PENGERTIAN BANDWIDTH DAN KEGUNAANNYA | KURSUS KOMP...
Pengertian Microsoft PowerPoint Beserta Fungsi, Ke...
Pengertian Game Online dan Contohnya|Kursus komput...
PENGERTIAN E-COMMERCE DAN E-BUSINESS | KULIAH KOMP...
PENGERTIAN BLOG DAN BLOGGER | Kursus KOMPUTER | Ku...
DASAR DASAR MICROSOFT WORD | Kursus KOMPUTER DI Ma...
Kursus KOMPUTER DI Majalengka|Kursus KOMPUTER|Kurs...
Kursus komputer | Kursus komputer di Majalengka i-...
Microsoft Office Keren | Kursus Koputer Di Majalen...
Kursus KOMPUTER DI Majalengka INDONESIAN TECHNOLOG...
Kursus Komputer | Kursus Komputer Di Majalengka Ke...
Kursus Komputer Di Majalengka I-TECH COURSE ( Indo...
KURSUS KOMPUTER | KURSUS KOMPUTER DI Majalengka ( ...
KURSUS KOMPUTER DI Majalengka (I-TECH) | KULIAH KO...
SOSIAL MEDIA PATH RESMI DITUTUP | KURSUS KOMPUTER ...
BOCOR? SPESIFIKASI DAN HARGA SAMSUNG M10 DNA M20 |...
KURSUS KOMPUTER DI Majalengka (I-TECH) TER HITS | ...
KULIAH KOMPUTER Majalengka INDONESIAN (I-TECH) TER...
KURSUS KOMPUTER DI Majalengka I-TECH COURSE | Kurs...
► January (45)

ABOUT ME

Saya lahir pada tanggal 06-agustus-2001 (Metro,Indonesia), Saya masuk SD pada tahun 2008-2014(Metro,Indonesia), Saya melanjut ke SMP pada tahun 2014-2017(Metro,Indonesia), Setelah lulus saya melanjut di sekolah di SMK ISLAM BINA KHALIFAH BANGSA METRO, Saya mengambil jurusan TKJ Pada 2017 Dan saya sekarang masih duduk di kelas XI
Copyright © 2019 KURSUS DI MAJALENGKA
Blogger Theme By NewBloggerThemes | Distributed By Blogger Templates

Komentar

Postingan Populer